• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Pantura

Perkuat Ideologi, Ansor Tikung Lamongan Bakal Gelar PKD

Perkuat Ideologi, Ansor Tikung Lamongan Bakal Gelar PKD
Flyer PKD PAC GP Ansor Tikung, Lamongan. (Foto: NOJ/ M Idris Muzaki)
Flyer PKD PAC GP Ansor Tikung, Lamongan. (Foto: NOJ/ M Idris Muzaki)

Lamongan, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan bakal menggelar Pelatihan Kapemimpinan Dasar (PKD) pada Sabtu-Senin (14-16/05/2022) mendatang. Direncanakan, kegiatan ini akan dipusatkan di Pesantren Al Ikhlas, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.


Ketua PAC Ansor Tikung Ubaidirrohmam menuturkan, pelaksanaan PKD di lingkungan Ansor merupakan sebuah komitmen organisasi dalam melakukan kaderisasi dan indoktrinasi.


“Hal itu dalam rangka menanamkan nilai dan ideologi, menguatkan karakter dan militansi, meningkatkan pengetahuan, serta mengembangkan kecakapan,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Jum'at (13/05/2022).


Disebutkan, PKD juga merupakan sarana untuk menyatukan pandangan, serta membangun kapasitas diri dalam memperjuangkan cita-cita organisasi.


“Khususnya di bidang kaderisasi dan ri’ayatul ummah atau irsyadunnas (membimbing umat),” tutur Gus Ubed.


Untuk itu, dirinya menegaskan, bahwa dalam PKD ini panitia akan menghadirkan pemateri dari Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Lamongan dan Instruktur PC GP Ansor Lamongan.


Pihaknya berharap, kader Ansor ke depan mampu dan konsisten menjadi khadimul ummah atau pelayan umat dan shadiqul hukumah atau mitra pemerintah.


“Sebab, hal itu perlu dilakukan untuk kepentingan dalam aspek keagamaan, kebangsaan, dan kemaslahatan secara Nasional,” tegasnya.


Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Achmad Syamsuri mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan demi suksesnya kaderisasi tingkat di organisasi kepemudaan NU tersebut.


“Sejumlah hal telah kami lakukan guna lancarnya acara dimaksud, termasuk penjaringan peserta. Sampai sekarang tercatat ada 31 peserta dari target 50 orang peserta,” tandasnya.


Pantura Terbaru