• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Juni 2022

Pantura

Sambut PTM Terbatas, Pesantren Bustanul Hikmah Lamongan Vaksinasi Santri

Sambut PTM Terbatas, Pesantren Bustanul Hikmah Lamongan Vaksinasi Santri
Proses vaksinasi santri di Pondok Pesantren Bustanul Hikmah, Mantup, Lamongan. (Foto: NOJ/M Idriz M).
Proses vaksinasi santri di Pondok Pesantren Bustanul Hikmah, Mantup, Lamongan. (Foto: NOJ/M Idriz M).

Lamongan, NU Online Jatim

Selain pelajar di sekolah, vaksinasi kini mulai membidik para santri di pesantren. Di antaranya seperti yang dilakukan di Pondok Pesantren Bustanul Hikmah Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan, Rabu (01/09/2021). Vaksinasi santri ini dilakukan sebagai persiapan menyambut pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

 

Ketua Pesantren Bustanul Hikmah Lamongan, Ahmad Yaskur Aminur Rozi mengatakan, vaksinasi ini menyasar seluruh santri usia 12-17 tahun yang bermukim di pesantren. Disebutkan, bahwa vaksinasi dilakukan sebagai upaya memperkuat imun santri agar terhindar dari Covid-19.

 

“Vaksinasi juga dilaksanakan sebagai persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, agar semua kegiatan yang berlangsung nanti berjalan dengan lancar,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Dijelaskan oleh Rozi, ratusan santri mulai jenjang sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas disuntik vaksin jenis Sinovac. Namun demikian, tidak semua santri mendapatkan jatah vaksin saat itu.

 

“Tidak semua santri di vaksin saat itu, karena pelaksanaannya dilakukan secara bertahap agar tidak terjadi kerumunan dan kelancaran pelaksanaan vaksinasi,” katanya.

 

Rozi menambahkan, bahwa tidak perlu khawatir dengan vaksin atas berita hoaks yang banyak beredar di masyarakat. Sebab vaksin ialah obat, sedangkan berobat ialah sebuah ikhtiar yang diperintahkan agama.

 

“Vaksin itu halal dan aman. Melakukannya merupakan bagian dari ikhtiar lahiriyah demi mencegah penularan Covid-19,” imbuh Rozi.


Dirinya pun berharap, agar pengasuh dan seluruh santri keluarga besar Pondok Pesantren Bustanul Hikmah terhindar dari Covid-19.  Selain itu, dengan digelarnya vaksinasi ini setidaknya dapat membantu upaya pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

 

“Karena kita sebagai warga negara berkewajiban membantu pemimpinnya untuk mengatasi persoalan di negeri ini,” pungkasnya.

 

Penulis: M Idriz Muzaki

Editor: A Habiburrahman


Pantura Terbaru