• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pantura

Sumpah Pemuda, Pelajar NU Bojonegoro Apel Kebangsaan di Negeri Atas Angin

Sumpah Pemuda, Pelajar NU Bojonegoro Apel Kebangsaan di Negeri Atas Angin
Kegiatan Apel Kebangsaan yang dialksanakan PC IPNU-IPPNU Bojonegoro di kawasan wisata Negeri Atas Angin. (Foto: NOJ/ Azza/Irur).
Kegiatan Apel Kebangsaan yang dialksanakan PC IPNU-IPPNU Bojonegoro di kawasan wisata Negeri Atas Angin. (Foto: NOJ/ Azza/Irur).

Bojonegoro, NU Online Jatim

Momentum Sumpah Pemuda yang ke 92 tidak dilupakan begitu saja oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Bojonegoro. Para pelajar NU ini menggelar Apel Kebangsaan di kawasan wisata Negeri Atas Angin Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro selama dua hari, Selasa-Rabu (27-28/10/2020).

 

Apel ini menjadi rangkaian acara Konferensi Cabang (Konfercab) IPNU ke-15 dan Konfercab IPPNU ke-16. Sekaligus dalam rangka memperingati Hari Lahir Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) yang ke-56.

 

Dalam kegiatan ini, panitia mengambil tema "Spirit Pelajar Bangsa dalam Barisan Permata Indonesia". Kegiatan ini bertujuan untuk meneguhkan nilai kebangsaan dan semangat dalam berbangsa dan bernegara di kalangan pelajar. Supaya rasa nasionalisme, patriotism dan jiwa korsa tertanam kuat dalam jiwa para pelajar.

 

Ketua PC IPNU Bojonegoro, Sukron Bajuri menegaskan, momentum Sumpah Pemuda bagi seorang pelajar hendaknya dapat dijadikan sebagai wujud meneladani perjuangan para pahlawan terdahulu. “Perjuangan para pahlawan hendaknya dapat dijadikan inspirasi dalam mengabdi untuk agama dan negeri,” ujarnya.

 

Selain itu, ia menuturkan bahwa pelaksana utama dalam Apel Kebangsaan adalah Dewan Koordinasi Cabang (DKC) CBP-KPP Bojonegoro, lembaga dibawah naungan PC IPNU-IPPNU Bojonegoro. "Yang terlibat dalam acara apel kebangsaan ini adalah seluruh kader IPNU-IPPNU, utamanya DKC CBP-KPP Bojonegoro yang telah mempunyai 13 angkatan Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama),” tambahnya.

 


 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam ini dihadiri oleh Komandan Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) CBP Jawa Timur, Sony. Ia mengingatkan bahwa Kader CBP dan KPP bisa melahirkan pemuda yang tangguh dan militan, serta tidak goyah dalam menjaga garis ideologi dan nasionalismenya. “Sebab, Kader CBP dan KPP merupakan pejuang milenial yang menjadi harapan di masa yang akan datang,” tegasnya saat menjadi Komandan Apel.

 

KetuaTanfidziyah Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Sekar, Pak Paryono, turut memberi stimulus dan pengarahan kepada peserta Apel Kebangsaan. “Kami sangat mendukung adanya kegiatan ini, agar kader pemuda NU semakin semangat mengabdi kepada NU dan NKRI,” ujarnya.

 

Penulis: Azza/Irur

Editor: Romza


Editor:

Pantura Terbaru