Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Tanggung Jawab Kader IPNU-IPPNU adalah sebagai Pelopor

Tanggung Jawab Kader IPNU-IPPNU adalah sebagai Pelopor
Lakmud PAC IPNU-IPPNU Palang, Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Lakmud PAC IPNU-IPPNU Palang, Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Setiap kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) memiliki tanggung jawab. Yakni menjadi teladan karena bukan semata anggota.

 

Penegasan disampaikan Eko Supratikno selaku Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Palang, Tuban pada acara Latihan Kader Muda (Lakmud) di Yayasan Al Muttaqin Al-Mubarok Dusun Singget Desa Pucangan, Palang Ahad (10/10/2021).


“Lakmud untuk mencetak kader IPNU-IPPNU yang berkualitas dan memiliki intelektual yang tinggi, sehingga bisa menjadi pelopor dalam menjalankan organisasi di tingkat ranting maupun PAC,” katanya saat sambutan.

 

Dijelaskan bahwa pada ajang Lakmud, kemampuan kader IPNU IPPNU ditingkatkan dengan dibekali sejumlah materi.


"Saya berharap, rekan dan rekanita harus lebih aktif berorganisasi, karena sudah tidak lagi anggota, namun sudah kader, jadi tanggung jawabnya jauh lebih besar," jelasnya.


Lakmud tersebut diikuti sejumlah kader IPNU IPPNU Palang dan beberapa lainnya dari daerah luar. Dan saat pembukaan dihadiri Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Palang, Ketua PAC IPNU, Ketua Yayasan dan perwakilan dari Pimpinan Cabang (PC) IPNU Tuban.

 

Lakmud sendiri merupakan kegiatan formal dalam organisasi IPNU IPPNU tingkat kedua setelah Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Dan selama kegiatan, peserta didampingi langsung oleh tim instruktur dan tim pelatih berdasarkan hasil rekomendasi dari PC IPNU dan IPPNU Tuban.

 

Kegiatan juga merupakan bagian dari serangkaian kegiatan konferensi cabang atau Konferancab Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Tuban yang akan dilangsungkan November mendatang.

 

Penulis: Dhahrul Mustaqim​

Terkait

Pantura Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini