Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Teguhkan Ideologi, IPNU-IPPNU Unisla Gelar Makesta

Teguhkan Ideologi, IPNU-IPPNU Unisla Gelar Makesta
Pelaksanaan Makesta PKPT IPNU-IPPNU Universitas Islam Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)
Pelaksanaan Makesta PKPT IPNU-IPPNU Universitas Islam Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Islam Lamongan (Unisla) menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Acara dipusatkan di Pondok Pesantren Roudhotut Thullab Sendang Duwur, Paciran, Lamongan, Kamis-Ahad (14-17/10).

 

Kegiatan yang mengusung tema ‘Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Era Globalisasi dan Digitalisasi’ ini diikuti 80 peserta yang terdiri dari unsur PKPT dan mahasiswa aktif Unisla.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Lamongan, Hasan Asyari menyampaikan, Makesta merupakan kaderisasi formal pertama di organisasi pelajar IPNU-IPPNU. Dalam proses ini, peserta akan dilatih banyak hal hingga dibaiat dan secara resmi menjadi kader IPNU-IPPNU.

 

"Di IPNU-IPPNU itu tidak sebatas organisasi, tapi kita juga bisa belajar banyak hal yang belum kita pahami hari ini, serta semakin menguatkan amaliyah-amaliyah NU yang dilakukan sehari-hari," ungkapnya.

 

Sementara Ketua PKPT IPNU Unisla, Fery Irawan menjelaskan, bahwa kegiatan pengkaderan yang dilaksanakan selama empat hari ini diharapkan bisa memberi kesempatan kepada kader IPNU-IPPNU Unisla agar semakin paham terkait amaliyah-amaliyah NU dan bisa lebih aktif lagi di PKPT.

 

"Dan diharapkan nantinya kader-kader yang telah  mengikuti Makesta bisa mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi di era globalisasi dan digitalisasi saat ini," ujarnya

 

Ia menambahkan, pada proses Makesta ini peserta akan dikenalkan atau diterjunkan langsung ke masyarakat. Yakni dengan melakukan penanaman pohon dan bakti sosial kepada masyarakat di sekitar lokasi Makesta.

 

“Hal ini dilakukan agar mereka mengetahui langsung kondisi dalam kehidupan masyarakat,” tandasnya.

Terkait

Pantura Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini