• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Parlemen

Ketua Gerindra Jatim Lakukan Silaturahim ke Kiai NU

Ketua Gerindra Jatim Lakukan Silaturahim ke Kiai NU
Anwar Sadad (kiri) saat silaturahim ke kediaman KH Husni Zuhri. (Foto: NOJ/JTn)
Anwar Sadad (kiri) saat silaturahim ke kediaman KH Husni Zuhri. (Foto: NOJ/JTn)

Lumajang, NU Online Jatim 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah atau DPD Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad memanfaatkan Ramadhan untuk melakukan silaturahim. Tidak semata untuk konsolidasi partai, juga sowan ke sejumlah kiai Nahdlatul Ulama (NU).


Seperti yang dilakukannya saat ada kegiatan di Kabupaten Lumajang. Menyempatkan untuk silaturahim ke KH Husni Zuhri, salah seorang kiai kharismatik di kawasan setempat. 
 

Pertemuan yang juga melibatkan pengurus Gerindra setempat ini, disebut bertujuan meminta nasihat dalam menjalankan politik untuk kepentingan publik. 


Kiai Husni Zuhri diketahui merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Jatiroto Lumajang. Selain pengasuh pesantren, juga merupakan Rais  Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang.


"Saya meminta arahan dan nasihat kepada Kiai Husni agar Partai Gerindra di Kabupaten Lumajang dapat berkhidmah dan bermanfaat bagi masyarakat Lumajang," kata Gus Sadad, Senin (18/04/2022). 


Gus Sadad datang didampingi oleh Ketua DPC Gerindra Lumajang, yang juga Wabup Lumajang, Indah Amperawati, serta anggota DPRD Fraksi Gerindra. Gus Sadad, juga ditemani kiai muda Lumajang, Lora Adzim Affan dari Krai dan Gus Wildan dari Petahunan Sumbersuko.


Berdasarkan penjelasan Gus Sadad, pihaknya banyak mendapat nasihat. Misalnya, Kiai Husni mengingatkan pentingnya politik dikelola dengan baik, karena bernilai strategis.


Dalam suatu kesempatan saat Sayid Muhammad bin Alawi al-Maliki, seorang ulama kesohor dari Makkah, Kiai Zuhri pernah menanyakan tentang politik. Mengutip pesan Sayid Muhammad bahwa terdapat kaidah al-Siyasah hiya al-Qiyadah, politik adalah mengendalikan.


"Karena itu menurut Kiai Husni, orang-orang politik harus amanah, karena mereka mengendalikan urusan publik. Kiai Husni juga mengaku bersyukur Partai Gerindra juga diisi kaum santri," terang Wakil Ketua DPRD Jatim ini. 


Parlemen Terbaru