• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Parlemen

Pers adalah Pilar Penting dalam Demokrasi

Pers adalah Pilar Penting dalam Demokrasi
Salah satu nilai demokrasi adalah kebebasan berpendapat dan beropini. (Foto: NOJ/ad)
Salah satu nilai demokrasi adalah kebebasan berpendapat dan beropini. (Foto: NOJ/ad)

Surabaya, NU Online Jatim

Pers adalah salah satu pilar penting dalam demokrasi. Karena yang masyhur diketahui, salah satu nilai demokrasi adalah kebebasan berpendapat dan beropini. Hal tersebut selaras dengan ungkapan Anik Maslachah, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur.

 

“Pers memberikan edukasi, kontrol sosial, dan kritik kepada pemerintah. Oleh karena itu, pers tidak hanya menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah, namun juga sebagai media untuk menyalurkan aspirasi kepada masyarakat,” katanya, Rabu (10/02/2021).

 

Dirinya juga berharap, agar awak pers ikut serta dalam memberantas kabar-kabar hoaks yang beredar.

 

“Pers harus selalu menebarkan informasi yang benar, objektif, dan mengedukasi masyarakat untuk menjadi media yang terpercaya,” harap politisi asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini.

 

Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang semakin mencekam, Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur ini juga meminta kepada pers agar membantu program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19.

 

“Kami harap pers dapat menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19, seperti memberi imbauan dan mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan,” pungkasnya.


Parlemen Terbaru