• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 3 Oktober 2022

Pemerintahan

Pesantren Al Fithrah Surabaya Kembangkan Perekonomian dengan Berbagai Produk

Pesantren Al Fithrah Surabaya Kembangkan Perekonomian dengan Berbagai Produk
Choirus Sholihin, Pengelola Usaha Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya. (Foto: NOJ/yt)
Choirus Sholihin, Pengelola Usaha Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya. (Foto: NOJ/yt)

Surabaya, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya adalah salah satu anggota dari One Pesantren One Product (OPOP) Jatim. OPOP Jatim didirikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa sebagai upaya untuk menungkatkan perekonomian pesantren.

 

Choirus Sholihin, Pengelola Usaha Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya mengatakan bahwa OPOP Jatim telah memberikan peluang kepada unit usaha pesantren.

 

“Alhamdulillah OPOP memberikan peluang dengan merk, label halal, dan lain sebagainya. Sehingga produk pondok semakin luas di pasaran. Apalagi adanya OPOP mart, kami bisa menjangkau pasar digital,” katanya, Jumat (23/04/2021).

 

Ia mengungkapkan, bahwa geliat ekonomi yang dibangun oleh pesantren ini sudah ada sejak awal berdirinya pesantren.

 

“Program pemberdayaan ekonomi di Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya sudah berjalan sejak awal berdirinya pesantren. Namun kami mengalami pasang surut,” ungkapnya.

 

Unit usaha yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya ini terdiri dari kopi, air mineral, dan berbagai minuman terbaru.

 

“Untuk memaksimalkan program pemberdayaan ekonomi di pesantren, kami membuat inovasi dengan produk minuman coklat, kopi susu, dan sinom,” terangnya.

 

Kendati demikian, beberapa unit usaha tersebut mengalami kendala di sistem pemasaran.

 

“Karena masih baru, jadi kami belum menemukan sistem pemasarannya,” pungkasnya.


Pemerintahan Terbaru