• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 28 April 2024

Pendidikan

HAJI

6 Inovasi Layanan Jamaah Haji Lansia menurut Dekan FS UIN Jember

6 Inovasi Layanan Jamaah Haji Lansia menurut Dekan FS UIN Jember
Prof. Dr. M. Noor Harisudin, S.Ag, S.H, M. Fil. I selaku Dekan Fakultas Syariah (FS) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. (Foto: NOJ/humas)
Prof. Dr. M. Noor Harisudin, S.Ag, S.H, M. Fil. I selaku Dekan Fakultas Syariah (FS) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. (Foto: NOJ/humas)

Jember, NU Online Jatim

Inilah sesungguhnya jihad haji ramah lansia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tagline haji ramah lansia benar-benar tantangan tersendiri.


Kementerian Agama telah berupaya keras bagaimana layanan haji tahun ini benar-benar support ramah lansia yang berusia 65 tahun ke atas dengan tidak mengurangi mutu layanan pada jemaah haji lain (non-lansia). Apalagi jumlah lansia yang mencapai 30 persen (67.000 orang) dari total jama’ah haji Indonesia yang berjumlah 229.000.


Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. M. Noor Harisudin, S.Ag, S.H, M. Fil. I selaku Dekan Fakultas Syariah (FS) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember dan juga Guru Besar UIN KHAS Jember serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter SUB 55 Tahun 2023.


Kemenag RI juga telah memberikan Standart Operational Procedure (SOP) bagaimana penanganan jamaah haji lansia mulai dari embarkasi, bandara, pesawat, Makkah-Madinah, dan terminal debarkasi. Di tempat-tempat ini, jamaah haji lansia mendapatkan perhatian khusus yang berbeda dengan umumnya jamaah haji Indonesia.


Tentu, memberikan perhatian lebih pada lansia tidak harus dengan mengorbankan jamaah haji yang lain. Sebaliknya, jamaah haji yang lain (non-lansia) tetap mendapatkan hak-haknya sebagaimana mestinya.


Hak sebagai jamaah haji Indonesia, yang pada tahun 2022 yang silam menjadikan indeks layanan haji Indonesia naik drastis dan menjadi tertinggi sepanjang sejarah haji di negeri ini.


Inovasi layanan jamaah haji lansia

Sebelumnya, Kemenag RI telah melakukan berbagai langkah dengan berbagai inovasi layanan pada haji Lansia pada tahun 2023 ini, sebagaimana berikut:


Pertama, Kemenag telah melibatkan ahli geriatri dari Universitas Indonesia untuk merumuskan konsep layanan, prosedur operasional, melakukan pemantauan sekaligus pengawasan kesehatan jamaah haji lansia saat operasional.


Kedua, Kemenag telah meluncurkan buku manasik haji ramah lansia, yang berisi panduan manasik untuk kaum risiko tinggi ini jauh-jauh hari sebelumnya. Buku ini memberikan penekanan hukum rukhsah bagi lansia dalam menjalankan ibadah haji.


Ketiga, Kemenag juga menyiapkan SDM khusus yang membidangi layanan jamaah haji lansia. Meski jumlahnya terbatas, namun penanganan pada jamaah lansia ditunjukkan dengan adanya bidang ramah lansia.


Keempat, Kemenag juga menyediakan sarana transportasi bus shalawat untuk jamaah haji lansia. Ada 422 bus shalawat yang menjadi armada layanan haji lansia dengan tiga terminal haji di Mekkah.


Kelima, Kemenag telah menyediakan ruang tunggu khusus bagi lansia di lobi-lobi hotel Makkah, yang dikhususkan pada jamaah haji lansia. Demikian juga, Kemenag menyediakan lift khusus untuk prioritas jamaah haji ramah lansia.


Keenam, Kemenag juga berusaha memberikan makanan yang ramah lansia, misalnya bubur, dan sebagainya. Meski yang terakhir ini dengan menyediakan sarana pembuatan bubur untuk ramah lansia.


Ketujuh, Kemenag dan Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 6 layanan, baik tenaga kesehatan haji, tim promosi kesehatan, gawat darurat sektor, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), tim sanitasi maupun tim obat. Keenam layanan ini disipakan untuk melakukan pada jamaah secara umum dan ramah lansia.


Pendidikan Terbaru