• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Pendidikan

Dema Humaniora UIN Malang Ajak Refleksi Sejarah Ulama

Dema Humaniora UIN Malang Ajak Refleksi Sejarah Ulama
Dema Humaniora UIN Malang ajak refleksi sejarah ulama. (Foto: NOJ/beritajatim)
Dema Humaniora UIN Malang ajak refleksi sejarah ulama. (Foto: NOJ/beritajatim)

Malang, NU Online Jatim
Dewan Mahasiswa (Dema) Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang mengajak refleksi sejarah ulama kenamaan Syaikhona Kholil. Upaya ini di wujudkan lewat bedah buku tokoh nasional, Rabu (31/08/2022).


Ketua Pelaksana, Anshorulloh Farouk mengatakan, acara tersebut sebagai upaya refleksi sejarah dari tokoh ulama yang punya pengaruh besar bagi bangsa Indonesia. Hari ini ketika pemuda berbicara tentang sejarah, berbicara gerakan maupun politik yang dijadikan acuan justru dari luar negeri di barat sana.


“Padahal kita sendiri tidak kekurangan patron yang hebat, salah satunya adalah Syaikhona Muhammad Kholil ini,” katanya saat sambutan.


Sementara Wakil Ketua Dema Humaniora UIN Malang, Agus Fany menerangkan, penting bagi kaum muda untuk mengacu pada ulama’ di nusantara. “Sosok Syaikhona Muhammad Kholil ini harus kita ingat bersama perannya bagi bangsa, dan agar bisa menjadi teladan bagi kaum muda,” terangnya.


Wakil Dekan I Fakultas Humaniora (FH) UIN Malang, Halimi Zuhdi menjelaskan, bedah buku ini sejalan dengan visi fakultas yang telah melahirkan banyak buku. Ia sangat mengapresiasi acara ini, karena fakultas humaniora sendiri sudah begitu banyak memproduksi buku.


“Apalagi buku ini penting untuk dimiliki karena membahas sosok Syaikhona Kholil Bangkalan dari sudut pandang akademisi,” jelasnya.


Kegiatan tersebut kemudian berlanjut dengan pemaparan materi dari para narasumber yang hadir yang dipandu moderator, Diny Hidayatullah. Pembicara pertama, Dr Muhaimin M.Pd tim pengusul pahlawan nasional. Pembicara kedua, Fathul H Pratanapraja, ketua Lesbumi Kota Malang. Kemudian dilanjutkan pembicara ketiga KH Yahya Al Ghozali, serta pembicara terakhir KH Ismael Kholilie.


Pendidikan Terbaru