• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pendidikan

UIN Malang Siap Terapkan Kurikulum Moderasi Agama dan Ulul Albab

UIN Malang Siap Terapkan Kurikulum Moderasi Agama dan Ulul Albab
Suasana workshop kurikulum berbasis ulul albab, moderasi agama dan nilai-nilai anti korupsi. (Foto: NOJ/Humas)
Suasana workshop kurikulum berbasis ulul albab, moderasi agama dan nilai-nilai anti korupsi. (Foto: NOJ/Humas)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang bakal menerapkan 'Kurikulum Moderasi Agama dan Ulul Albab'. Hal tersebut melalui workshop kurikulum berbasis ulul albab, moderasi agama dan nilai-nilai anti korupsi.


Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang, Prof Hj Umi Sumbulah mengatakan, lokakarya kurikulum berbasis ulul albab dan moderasi beragama bertujuan agar memahami nilai-nilai yang terkandung dalam moderasi beragama dan nilai anti korupsi.


"Kurikulum tersebut bisa di masukan ke dalam Mata Kuliah Umum (MKU) dan Mata Kuliah Kekhususan Universitas (MKKU)," katanya saat di Hall Room Kertanegara Hotel Singhasari Resot Batu, Rabu (24/08/2022).


Dirinya menerangkan, hasil lokakarya bisa menghasilkan Rencana Program Studi (RPS) dan dapat disinergikan nilai-nilai ulul albab dan moderasi beragama dalam setiap mata kuliah. Selain itu, bisa menjadi rekomendasi sesuai kurikulum arahan menteri agama kurikulum bagi pembelajaran di PTKIN.


"Saya mengucapkan terima kasih banyak atas dedikasinya bapak ibu dosen, semoga ini membawa berkah bagi kita semua," terangnya.


Ia menambahkan, sebenarnya kampus sudah mensinergikan nilai-nilai moderasi dalam konsep keilmuan ulul albab di UIN Malang. Baik dari kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.


Kendati demikian, kegiatan workshop ini untuk memberikan wawasan serta bisa menerapkan dan mentransformasikan ke dalam sikap, perilaku dan pendalaman akademik. Sehingga memiliki output yang berbeda dengan kampus lain.


Pendidikan Terbaru