• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

Ribuan Mahasiswa Baru UIN Malang Terima Materi Wawasan Kebangsaan

Ribuan Mahasiswa Baru UIN Malang Terima Materi Wawasan Kebangsaan
Ribuan mahasiswa baru UIN Malang terima materi wawasan kebangsaan. (Foto: NOJ/Humas)
Ribuan mahasiswa baru UIN Malang terima materi wawasan kebangsaan. (Foto: NOJ/Humas)

Malang, NU Online Jatim
Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang tahun 2022 memasuki hari ke 2. Sebanyak 3.864 mahasiswa baru UIN Maliki Malang mendapatkan materi wawasan kebangsaan dari Kapolresta Malang Kota, Kombespol Budi Hermanto di Gedung Sport Center setempat, Selasa (23/08/2022).


Kapolresta Malang Kota menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan dan sekaligus mensosialisasikan aplikasi Jogo Malang Presisi. Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai layanan bagi masyarakat dalam satu kemudahan.


"Kita harus sama-sama paham tentang bagaimana cara agar kita dapat merajut persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yaitu dengan cara menanamkan wawasan kebangsaan yang kuat, pendidikan berkarakter, dan pendidikan berbasis keluarga," kata Kombespol Budi Hermanto.


Menurutnya, mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah ini tentu memerlukan berbagai layanan cepat dan mudah. Oleh karenanya, Kapolresta Malang Kota mensosialisasikan dan memberikan edukasi tentang aplikasi Jogo Malang Presisi.


"Saya harap nanti seluruh civitas akademika yang ada di UIN Maliki Malang ini dapat memanfaatkan aplikasi Jogo Malang Presisi yang memiliki fitur lengkap mulai dari aneka layanan kepolisian, pelayanan pariwisata, layanan pengaduan dan informasi umum lainnya," terangnya.


Sementara itu, Ketua Pelaksana PBAK UIN Maliki Malang, Barnoto mengapresiasi terhadap apa yang disampaikan Kapolresta Malang Kota. "Tentu, kami sebagai ketua panitia PBAK menyambut baik arahan dari Kapolresta Malang Kota. Ini sangat bermanfaat bagi peserta PBAK di tahun ini," tutur Barnoto kepada NU Online Jatim.


Dijelaskan, motto PBAK UIN Maliki Malang tahun 2022 yakni menguatkan generasi Ulul Albab. Menguatkan dzikir, pikir dan amal shaleh. Dan ini sangat match yang disampaikan tadi. Dzikir berarti mahasiswa harus menguatkan keagamaan. Jika kekuatan keagamaan terbentuk, maka akan melahirkan pikiran yang positif.


“Kemudian, akan melahirkan amal shaleh, kalau sudah dimiliki maka akan menguatkan NKRI," jelasnya.


Pihaknya berharap, sinergitas antara UIN Maliki Malang dengan Polresta Malang tetap terjalin baik hingga dapat menciptakan situasi kondusif. "Harapannya ke depan yaitu kita perlu terus menguatkan kerja sama, bukan hanya terbatas di forum ini. Sehingga nantinya akan berdampak pada kondusifitas di lembaga dan Malang Kota," tutupnya.


Pendidikan Terbaru