• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Pendidikan

Program I-Yes UIN Malang Siap Hadirkan Mahasiswa dari 12 Negara

Program I-Yes UIN Malang Siap Hadirkan Mahasiswa dari 12 Negara
Ilustrasi program humaniora I-Yes bersama mahasiswa dari 12 negara. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Ilustrasi program humaniora I-Yes bersama mahasiswa dari 12 negara. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Fakultas Humaniora (FH) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang meluncurkan program International Youth-Enhancing Study (I-Yes). Sebelumnya juga meresmikan program Academic Student Enhancement. Total mahasiswa dari 12 negara tersebut akan berinteraksi dengan mahasiwa pada tanggal 10 hingga 15 Oktober 2022 mendatang.


Dekan FH UIN Malang, M Faisol mengatakan, program ini dikemas dalam bentuk studi intensif selama satu minggu. Mahasiswa dari seluruh dunia berpartisipasi dalam proses pembelajaran terbuka. Proses pembelajaran dilakukan dalam bentuk sesi kelas, interaksi sosial budaya secara langsung, kunjungan budaya dan kunjungan sekolah.


“Pembelajarannya dikemas dalam beberapa sesi, dalam kelas maupun luar kelas. Mereka akan berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswa kita di sini,” katanya.


Menurutnya, humaniora I-Yes adalah satu kegiatan internasional dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berwawasan global. “Tidak lain tujuannya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap melalui perspektif yang inklusif,” jelasnya.


Dosen pegiat manuskrip kuno didigitalisasi ini mengaku, kegiatan ini merupakan bentuk pendidikan langsung dimana proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan akademik dan sosial budaya. “Pengalaman ini merupakan aset penting untuk menciptakan dunia yang lebih baik,” tandasnya.


Senada dengan itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Galuh Nur Rochmah menuturkan, program Humaniora I-Yes meneguhkan FH di kancah internasional. Mahasiswa asing yang datang akan dapat berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa dan sekaligus semakin mengenal Fakultas Humaniora.


"Ini akan semakin menguatkan pengakuan dunia internasional terhadap FH," pungkasnya.


Pendidikan Terbaru