• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Pendidikan

PMB Gelombang ke-3 FK Unisma Masih di Buka dengan Dua Jalur

PMB Gelombang ke-3 FK Unisma Masih di Buka dengan Dua Jalur
PMB gelombang ke-3 FK Unisma masih dibuka dengan dua jalur. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
PMB gelombang ke-3 FK Unisma masih dibuka dengan dua jalur. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Malang (Unisma) masih dibuka pada gelombang ketiga. Terdapat dua jalur pendaftaran, yakni Jalur Reguler dan Jalur Pesantren.


Dekan FK Unisma, dr. Rahma Triliana mengatakan, FK Unisma sudah menyediakan jalur pesantren untuk para santri yang hendak melanjutkan studi di FK Unisma. Jalur pesantren ini diperuntukkan kepada mereka pada saat jenjang sekolah SMA juga menempuh pendidikan di Pondok Pesantren.


“Syarat utamanya yakni pernah mondok minimal tiga tahun, dengan ketentuan memiliki surat keterangan lulus, tetapi bukan Muadalah,” katanya kepada NU Online Jatim, Rabu (27/07/2022).


Menurutnya, jika mereka mondok sejak SMP atau bahkan sejak SD, tentu akan ada nilai tambah yang mempengaruhi proses seleksi. Nantinya mereka yang lolos dalam seleksi ini akan mendapatkan keringanan dari segi pembiayaan, Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) serta fasilitas tambahan lainnya.


“Calon mahasiswa baru FK Unisma tetap harus mengikuti proses seleksi seperti halnya tes tulis, tes potensi akademik, dan tes psikologi. Kemudian untuk tes ke pesantren meliputi hafalan Al Qur'an dan kitab kuning,” terangnya.


Pada gelombang ke 3, jalur pesantren dan jalur reguler dengan kuota penerimaan CMB tersisa sekitar 50-an mahasiswa. Kuota jalur pesantren porsi penerimaan mahasiswanya lebih tinggi, namun tetap mereka harus memenuhi persyaratan untuk lolos. Jangan hanya mondoknya saja (unggul) tapi kognitifnya kurang, di haruskan memenuhi standar yang ada.


Sementara itu, Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi menambahkan, Unisma merupakan kampus Multikultural, meskipun terdapat jalur pesantren, bukan berarti FK Unisma tidak menerima mahasiswa non muslim. Mereka yang beragama lain juga tetap bisa mendaftar ke FK Unisma.


"Meskipun nantinya terdapat kewajiban tinggal di Ma'had selama satu tahun, tetapi khusus mahasiswa non muslim tak harus mengikuti. Kita hanya mewajibkan yang muslim saja, kami selalu mengayomi seluruh umat dan suku. Kita junjung tinggi toleransi dan saling menghormati," tuturnya.


Sebagai informasi, CMB FK Unisma yang mengikuti jalur reguler tidak mendapatkan keringanan seperti halnya jalur pesantren. Selanjutnya, pendaftaran CMB FK Unisma gelombang 3 masih dibuka hingga Senin (08/08/2022) mendatang.


Pendidikan Terbaru