• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Pendidikan

FK Unisma Edukasi Pemulung untuk Cegah Covid-19

FK Unisma Edukasi Pemulung untuk Cegah Covid-19
Pengedukasian pemulung. (Foto: NOJ/humas)
Pengedukasian pemulung. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Hingga saat ini wabah Covid-19 masih mendera seluruh bangsa di dunia. Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Malang (Unisma) ikut serta membantu pencegahan Covid-19 agar tidak menyebar. Melalui program Hibah Unisma (HiMA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Mahasiswa (LPPM) Unisma tahun 2021, tim dosen dan mahasiswa FK Unisma melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang Malang.

 

Ketua Tim Pengabdian, Sri Herlina mengatakan bahwa salah satu kelompok masyarakat yang rentan tertular Covid-19 adalah pemulung karena mereka hidupnya bergulat dengan sampah.

 

“Kami ingin kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuannya agar tidak tertular Covid-19. Selain itu, kami juga melakukan edukasi agar mereka meningkatkan daya tahan tubuh melalui asupan gizi seimbang, banyak makan sayur dan buah-buahan,” kata Sri Herlina, Jumat (18/06/2021).

 

Pengabdian dengan metode edukasi personal ini juga didampingi dosen FK Unisma lainnya yakni Dr dr Doti Sri Wahyuningsih dan dr Erna Sulistyowati. Program ini juga mengimbau agar pemulung memakai alat pelindung diri untuk kesehatan, keamanan dan keselamatan para pemulung.

 

“Kegiatan ini diharapkan bisa berkelanjutan untuk menjaga kesehatan masyarakat di Malang, khususnya para pemulung yang kondisinya memerlukan uluran tangan kita. Untuk itu, mari kita jaga bersama agar tidak tertular COVID-19 dengan memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ujar dr Erna.


Pendidikan Terbaru