• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

Ratusan Mahasiswa Baru FH UIN Malang Ikuti Pembekalan PBAK

Ratusan Mahasiswa Baru FH UIN Malang Ikuti Pembekalan PBAK
Suasana PBAK Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. (Foto: NOJ/Humas UIN)
Suasana PBAK Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. (Foto: NOJ/Humas UIN)

Malang, NU Online Jatim
Sebanyak 419 Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Humaniora (FH) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). PBAK berlangsung dari Rabu hingga Jum’at (24-26/08/2022) mengusung tema bertajuk 'Melestarikan Budaya Nusantara dalam Membentuk Mahasiswa Berjiwa Humanis dan Berkarakter Ulul Albab'.


Ketua Panitia Pelaksana PBAK, Moh Mahrus Ali mengatakan, PBAK FH tahun ini dilaksanakan secara luring dan mengedepankan protokol kesehatan dalam penanggulangan Covid-19. Selain itu, kegiatan ini sudah mendapatkan rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 dari kampus.


"PBAK tahun ini dilaksanakan secara luring, panitia sudah berkoordinasi dengan kampus serta telah mengantongi rekomendasi gugus tugas covid-19 kampus," katanya.


Pihaknya mengaku, materi hari pertama kegiatan PBAK akan diisi oleh dekanat FH terkait visi misi fakultas dan kegiatan akademik. Lalu tata administrasi dan keuangan, serta kegiatan pengembangan dan organisasi kemahasiswaan.


"Materi pertama di isi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr Halimi, lalu oleh Wakil Dekan bidang AUPK Dr Muassomah. Dilanjutkan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr Galuh Nur Rohmah," tuturnya.


Tidak hanya itu, di hari pertama PBAK di isi oleh materi moderasi beragama yang disampaikan oleh Ahans Mahabie, alumni FH sekaligus pengasuh Pondok Hanacaraka Wonogiri, Jawa Tengah.


"Materi moderasi beragama dalam rangka menumbuhkan pemahaman dan kesadaran tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Disertai pemikiran yang moderat dan perwujudan ajaran agama Islam yang rahmat," jelasnya.


Setelah materi tentang moderasi beragama, kegiatan PBAK dilanjutkan dengan pengenalan organisasi mahasiswa tingkat fakultas, yang akan disampaikan oleh SEMA dan DEMA FH.


Selanjutnya, hari kedua adalah pelaksanaan lomba closing lomba, inagurasi dan pembagian hadiah. Acara penutupan PBAK di jadwalkan Kamis sore dan Flare dengan Music Party sebagaimana telah di konsep panitia penyelenggara PBAK FH.


Dirinya mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan orientasi dan pembekalan kepada mahasiswa baru untuk menumbuhkan karakter yang humanis dalam menempuh kegiatan akademik dan perkuliahan di FH.


"Mahasiswa sekarang harus mempunyai peran yang nyata dalam membangun peradaban dan turut melestarikan budaya nusantara dengan tetap memegang teguh pada nilai-nilai agama," tutupnya.


Pendidikan Terbaru