• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Pendidikan

Dosen Unisda Lamongan Selenggarakan Pelatihan Pemutakhiran Kurikulum

Dosen Unisda Lamongan Selenggarakan Pelatihan Pemutakhiran Kurikulum
Pelatihan pemutakhiran kurikulum secara virtual. (Foto: NOJ/humas)
Pelatihan pemutakhiran kurikulum secara virtual. (Foto: NOJ/humas)

Lamongan, NU Online Jatim

Dalam upaya terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi, Universitas Islam Darul ‘Ulum (Unisda) Lamongan menjalin kolaborasi strategis dengan BestQ Institute untuk menyelenggarakan Pelatihan Pemutakhiran Kurikulum secara virtual.


Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 05 hingga 07 Februari 2024 ini bertujuan untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Outcome-Based Education (OBE), dan menyesuaikan diri dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) No. 53 Tahun 2023.


Pelatihan ini dihadiri oleh sejumlah dosen dan pengelola kurikulum dari berbagai fakultas di Unisda Lamongan, membentuk kerangka kerja yang solid untuk merancang kurikulum yang relevan dan responsif.


Beberapa pemateri terkemuka turut berkontribusi dalam acara ini. Rosihan Aslihuddin, M.A.B, seorang ahli di bidang Kurikulum Berbasis Kompetensi memberikan wawasan mendalam tentang penerapan KKNI, CRA, dan CRP memberikan perspektif dan strategi terbaik dalam merancang kurikulum yang mengutamakan hasil belajar. Sementara itu, Prof Dr H Fajri Ismail, M.Pd.I., yang memiliki gelar CPRM, CPHCM, CHCB, CHCM, CIT, membahas aspek Outcome-Based Education serta berbagai sertifikasi yang relevan.


Peserta pelatihan tidak hanya mendapatkan teori dan pengetahuan baru tetapi juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam diskusi interaktif, studi kasus, dan sesi tanya jawab. BestQ Institute membawa pengalaman luasnya dalam pengembangan kurikulum, memberikan contoh praktis dan solusi yang dapat diimplementasikan di lingkungan pendidikan tinggi.


Wakil Rektor Bidang Akademik, Kerja sama, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unisda Lamongan, Dra Hj Khotimah Suryani, M.Ag, menyampaikan, pelatihan ini akan memberikan dampak positif dalam pembaruan kurikulum universitas.


“Saya juga menekankan pentingnya menjaga kualitas pendidikan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat dan industri,” katanya.


Menurutnya, kerja sama antara Unisda Lamongan dan BestQ Institute bukan hanya sebagai langkah inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di perguruan tinggi ini, tetapi juga dapat menjadi model bagi institusi pendidikan tinggi lainnya.


“Dengan semangat inovasi dan kerjasama yang erat, diharapkan perguruan tinggi di Indonesia dapat terus menghadirkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan,” tukasnya.


Pendidikan Terbaru