• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Maret 2024

Pendidikan

DWP Unesa Gelar Pelatihan Manajemen Produksi Batik Ecoprint

DWP Unesa Gelar Pelatihan Manajemen Produksi Batik Ecoprint
Pelatihan batik ecoprint bersama DWP Unesa. (Foto: NOJ/humas)
Pelatihan batik ecoprint bersama DWP Unesa. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Pasca Pandemi Covid-19 membuat lapangan pekerjaan semakin sempit yang mengakibatkan banyak pengangguran.


Berdasarkan data ILO,   pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan lapangan kerja kaum muda global sebesar 8,7 persen pada tahun 2020. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga merasakan hal sama pasca pandemi.


Terlebih UMKM memiliki peranan penting dalam ruang lingkup ekonomi, pelaku usaha UMKM menciptakan posisi sangat penting dalam pertumbuhan suatu negara dengan berkontribusi pada pengembangan  lapangan kerja dan produk domestik bruto.


Hal ini mendorong masyarakat untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Unesa melalui program pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Erta, S.E., M.M, dan anggota Kartika Rinakit Adhe, M. Pd, serta Dr. Dwi Cahyo Kartiko, M.Kes menginisiasi pelatihan manajemen produksi batik ecoprint bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada November 2023.


Di saat masa sulit seperti ini DWP Unesa membuat inisiatif dengan mengembangkan usaha kreatif yaitu batik ecoprint. DWP unesa menyadari bahwa dengan berwirausaha merupakan bagian kekuatan pendorong pembangunan ekonomi.


Ecoprint merupakan pembuatan jenis batik dengan cara merapikan tumbuhan ke dalam kain untuk menciptakan warna serta pola motif yang diinginkan. Prinsip pembuatan bisa melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain tumbuhan yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.


Namun dalam proses berjalannya produksi DWP Unesa masih menemui beberapa kendala, di antaranya permasalahan yang ditemukan adalah masih  dibutuhkan usaha pengembangan dan pengorganisasian yang lebih baik lagi.


Misalnya di bidang manajemen produksi masih membutuhkan skill dalam mengelola potensi yang ada, selain itu juga dilakukan pelatihan terkait pemasaran produk batik ecoprint dengan memanfaatkan digital marketing.


Salah satu program yang dilaksanakan adalah mendampingi dan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada proses produksi maupun manajemen produksi dari batik ecoprint. Ecoprint DWP ini memiliki permasalahan dalam menata proses produksi di tempat produksi yang mengakibatkan belum maksimalnya permintaan dari pasar.  


Pendidikan Terbaru