• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 4 Oktober 2022

Metropolis

IPNU-IPPNU Unesa Gelar Pelajar NU Mengabdi, Ini Tujuannya

IPNU-IPPNU Unesa Gelar Pelajar NU Mengabdi, Ini Tujuannya
PKPT IPNU-IPPNU Unesa saat bakti sosial dalam rangkaian kegiatan Pelajar NU Mengabdi. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
PKPT IPNU-IPPNU Unesa saat bakti sosial dalam rangkaian kegiatan Pelajar NU Mengabdi. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan kegiatan Pelajar Nahdlatul Ulama Mengabdi (Penum). Kegiatan tersebut berpusat di Dusun Krajan, Desa Janjangwulung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan.


“Kegiatan Penum dilaksanakan selama satu pekan mulai tanggal 13 Juli sampai 19 Juli 2022. Acara ini diikuti oleh pengurus PKPT, anggota PKPT, dan eksternal PKPT Unesa. Selain itu, acara juga melibatkan pemerintahan dan masyarakat Desa Janjangwulung, serta beberapa instansi seperti Puskesmas dan Dinas Peternakan,” kata Zeamita, Ketua PKPT IPPNU Unesa kepada NU Online Jatim, Kamis (21/07/2022).


Disebutkan, lokasi yang dipilih sesuai dengan maksud dan tujuan panitia untuk melakukan pengabdian. Di antaranya, daerah yang mayoritas masyarakatnya merupakan Nahdliyin. “Hal inilah yang menjadi poin pendukung dilaksanakannya pengabdian di Desa Janjangwulung,” ungkapnya.


Ia menuturkan, bahwa serangkaian kegiatan Penum tersebut di antaranya acara bertajuk Jika Aku Menjadi, rumah belajar, bina TPQ/diniyah, pengobatan gratis, penyuluhan peternakan, bakti sosial, kerja bakti, dan Greenwalk.


“Kami juga melakukan santunan anak yatim dan dhuafa, lomba mewarnai, lomba cerdas cermat, lomba adzan, dan lomba tartil. Berkat hal itu masyarakat sekitar sangat antusias dengan pengabdian yang dilakukan PKPT IPNU-IPPNU Unesa,” ujarnya


Zaemita mengatakan, waktu satu pekan bukanlah hal yang lama untuk melakukan pengabdian, tetapi ia berharap hal yang sudah diniatkan dan lakukan untuk masyarakat dapat bermanfaat. Serta, dapat menjadi ajang menjalin silaturahim dengan sesama Nahdliyin.


Ia menuturkan, kegiatan pengabdian tersebut ditutup dengan acara pengajian akbar yang diikuti oleh warga Desa Janjangwulung. Acara tersebut selain diisi mauidhah hasanah, juga dimeriahkan dengan penampilan dari beberapa lembaga TPQ dan Madrasah Diniyah, dan pembagian hadiah.


“Penutupan kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua PC IPNU-IPPNU Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru