• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 Februari 2024

Pendidikan

FIO Unesa Sosialiasi Olahraga Pickleball pada Guru di Mojokerto

FIO Unesa Sosialiasi Olahraga Pickleball pada Guru di Mojokerto
Sosialisasi Permainan Olahraga Pickleball oleh Tim FIO Unesa. (Foto: NOJ/ Dok. Humas Unesa)
Sosialisasi Permainan Olahraga Pickleball oleh Tim FIO Unesa. (Foto: NOJ/ Dok. Humas Unesa)

Surabaya, NU Online Jatim
Tim Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Sosialisasi Permainan Olahraga Pickleball terhadap guru di Kota Mojokerto. Kegiatan ini menyasar guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Mojokerto sejak Mei hingga September 2022.


Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Prof Dr Abdul Rachman Syam, Tuasikal, M.Pd., bersama tim. Yakni, meliputi Dr Fransisca Januarumi MW, Afifan Yulfadinata, Mochamad Ridwan, dan Panji Bana.


Prof Rachman mengatakan, di antara tujuan sosialisasi tersebut untuk membekali para guru PJOK keterampilan olahraga Pickleball. Hal itu sebagai proses pembelajaran untuk membantu ketercapaian gerak dasar siswa setingkat SMP.


“Pengabdian ini diharapkan agar guru PJOK punya wawasan tentang olahraga baru yang berfungsi meningkatkan gerak dasar serta dapat mengembangkan peraturan yang dimodifikasi,” ucapnya dalam laman resmi Unesa dikutip Jum’at (06/12/2022).


Pakar Bola Basket Unesa ini menambahkan, kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk implementasi model pelatihan yang diberikan kepada guru-guru PJOK.


Menurutnya, kegiatan itu diawali dengan pemaparan materi tentang jenis dan manfaat permainan olahraga Pickleball. Selanjutnya, guru PJOK membuat kelompok kecil untuk mempraktikkan berbagai macam gerak dasar dalam permainan Pickleball secara bergantian hingga proses evaluasi.


“Semoga dengan kegiatan ini teman-teman guru di sana memiliki banyak referensi dalam membelajarkan siswa, khususnya bidang olahraga. Olahraga ini luas, dan ini tentu harus dikuasai dan menjadi bagian penting dalam variasi dan inovasi pembelajaran olahraga di sekolah,” harapnya.


Disebutkan, Pickleball termasuk olahraga yang masih kurang familiar di telinga masyarakat ketimbang olahraga lain seperti sepak bola, voli hingga basket. Olahraga ini, lanjut Prof Rachman pertama kali berkembang di Amerika Serikat. Menurutnya, Pickleball memadukan permainan tenis lapangan, bulu tangkis, dan tenis meja.


“Permainan ini merupakan jenis permainan olahraga raket seperti tenis meja, tetapi lebih besar dari bat tenis meja yang biasa disebut paddle. Bola yang digunakan menggunakan bola khusus yang terbuat dari plastik berlubang dan mempunyai tingkat elastisitas tertentu,” terangnya.


Sebagai informasi, di dunia internasional pickleball telah dipertandingkan di Olimpiade dan Paralimpiade. Kejuaraan Pickleball di Indonesia telah dipertandingkan di Jakarta termasuk kejuaraan antar pelajar.


Adapun manfaat olahraga pickleball di antaranya untuk kesehatan fisik dan mental, seperti meningkatkan interaksi sosial, meningkatkan keseimbangan dan kelincahan, serta mengurangi risiko jatuh.


Pendidikan Terbaru