• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Pendidikan

LP3H Unisma Berikan Pendampingan Sertifikasi Halal UMK di Mojokerto

LP3H Unisma Berikan Pendampingan Sertifikasi Halal UMK di Mojokerto
LP3H Unisma berikan pendampingan Sertifikasi Halal UMK di Mojokerto. (Foto: NOJ/Times Indonesia)
LP3H Unisma berikan pendampingan Sertifikasi Halal UMK di Mojokerto. (Foto: NOJ/Times Indonesia)

Malang, NU Online Jatim
LP3H Universitas Islam Malang (Unisma) bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang (UM), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto melaksanakan pendampingan Sertifikasi Halal Self Declare, Senin (22/08/2022).


Peserta Kegiatan tersebut sebanyak 20 UMK di Kabupaten Mojokerto dengan bidang usaha yang bermacam-macam. Mulai dari opak jepit, kue kering, kue basah, kripik, madu, susu kurma, tape ketan dan minuman ekstrak sari mengkudu. Kabupaten Mojokerto bangkit dalam bidang pariwisata dengan mulai dibukanya wahana wisata baru dan semakin banyak penemuan situs peninggalan kerajaan Majapahit.


Dengan adanya sertifikasi halal bagi pelaku usaha mikro dapat menjadi daya tarik untuk oleh-oleh khas Kabupaten Mojokerto yang telah terjamin kehalalan produknya. Ada kegiatan Majafest diikuti oleh UMK yang telah berkomitmen menyediakan produk-produk halal.


Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pengarahan oleh dinas terkait dan kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh kepala Laboratorium THC Unisma, Hj. Novi Arfarita, SP, MP, M.Sc, Ph.D. Selain kepala Laboratorium Terpadu dan Halal Center Unisma, ia juga seorang auditor halal yang tersertifikasi BPJPH, Trainer Pendamping PPH, juga Dosen Pertanian Unisma.


Ia berkecimpung di dunia halal sejak memulai pendidikan S2 di Thailand. Tesisnya tentang pembuatan keju halal. Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan ini tentang pengisian SJPH dan pengetahuan halal haram bahan makanan/minuman.


Kemudian dilanjutkan dengan wawancara pada pelaku usaha yang akan didampingi pengurusan Sertifikasi Halal. Kegiatan ini diakhiri dengan foto produk dari pelaku usaha untuk dokumen Sertifikasi Halal jalur self declare.


Selanjutnya pendampingan oleh tim LP3H Unisma dalam pengurusan Self declare selama tiga bulan. Pendamping-pendamping yang ditugaskan melakukan verifikasi dan validasi data serta proses yang telah disampaikan oleh pelaku usaha.


Terakhir mengupdate dalam laman si-halal. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mensukseskan program sertifikasi halal untuk UMK yang telah dicanangkan oleh Presiden RI. Pimpinan Unisma sangat mendukung kegiatan Self Declare untuk pelaku usaha mikro dengan memberikan support penuh dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh LP3H Unisma.


Pendidikan Terbaru