• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Pendidikan

Mahasiswa Unisma Eksplorasi Kemandirian Peserta Didik Berbasis Teknologi

Mahasiswa Unisma Eksplorasi Kemandirian Peserta Didik Berbasis Teknologi
Tim PKM Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Tim PKM Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang (Unisma) kembali meraih kesuksesan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021. Tim mahasiswa peraih prestasi ini diketuai oleh Novelia Fransiska dan beranggotakan Afiyatul Ummah dan Eka Faradina.

 

Melalui bimbingan Gusti Firda Khairunnisa, tim ini mengamati kondisi peserta didik di sekolah menengah dan menemukan fakta bahwa sebagian peserta didik masih kurang percaya diri dalam menyelesaikan masalah matematika secara mandiri. Setelah melakukan studi pendahuluan, Novelia dan anggota timnya kemudian mencari solusi untuk mengatasi masalah yang ditemukan.

 

“Kami menggunakan Geogebra sebagai media pembelajaran untuk materi dimensi tiga. Media ini kami gunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan memecahkan masalah. Berdasarkan berbagai penelitian yang kami kaji, hal ini akan berakibat pada meningkatnya rasa percaya diri dan kemandirian peserta didik, sehingga tidak ada keraguan dalam memecahkan masalah yang diberikan,” ungkap Novelia, Kamis (01/07/2021).

 

Kemandirian berperan penting untuk membentuk pribadi baik pada peserta didik baik sebab peserta didik akan mampu mengungkapkan pendapat dan ide mereka dalam membuat keputusan yang akan melatih jiwa tanggung jawab. Novelia menuturkan bahwa penelitian mengenai pembelajaran berbasis teknologi perlu menjadi perhatian ke depannya, namun tetap harus memperhatikan kondisi psikis peserta didik.

 

“Kami sebagai mahasiswa Pendidikan Matematika Unisma akan berusaha terus berinovasi dan melalukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dimulai dari lingkungan terdekat kami,” ujar Novelia.


Pendidikan Terbaru