• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Pendidikan

Olah Sampah Jadi BBM, Mahasiswa Unisma Lolos PKM dan Dapatkan Hibah

Olah Sampah Jadi BBM, Mahasiswa Unisma Lolos PKM dan Dapatkan Hibah
Tim PKM Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Tim PKM Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Malang (Unisma) Moh Nur Ramadhan Abdillah, Riko Wahyudi dan Ari Puja Triswantorod Prodi Teknik Mesin dan mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia, Yulia Rachmawati dengan Dosen Pembina Ismi Choirotin lolos dalam proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021. Tim tersebut mendapat hibah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenristek) untuk melakukan sebuah penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Moh Nur Ramadhan Abdillah, ketua tim PKM menjelaskan bahwa pirolisis merupakan proses pengolahan sampah plastik pada suhu tinggi tanpa tanpa ada oksigen di dalamnya yang dapat menghasilkan Bahan Bakar Minyak (BBM).

 

“Kami berhasil mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar yang setara solar dan bensin dengan menggunakan metode teknologi pirolisis. Untuk plastiknya sendiri kami menggunakan sampah plastik yang berjenis poly propylene, dan dalam penelitian tersebut mereka bermitra dengan bank sampah,” jelasnya, Rabu (30/06/2021).

 

Kegiatan penelitian dilakukan selama kurang lebih satu bulan sebelum pengunggahan proposal PKM, yakni sejak awal tahun 2021di bulan Januari, kegiatan PKM dilaksanakan selama 4 bulan terhitung mulai Juni 2021.

 

“Ada pun yang melatarbelakangi mengangkat judul ‘Olah Sampah Plastik menjadi Bahan Bakar dengan Metode Teknologi Pirolisis’ adalah guna menyelamatkan pencemaran ekosistem laut,” ungkapnya.


Pendidikan Terbaru