• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka akan Dibuka, Vaksinasi Guru Rampung Juni 2021

Sekolah Tatap Muka akan Dibuka, Vaksinasi Guru Rampung Juni 2021
Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Jatim. (Foto: NOJ/ti)
Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Jatim. (Foto: NOJ/ti)

Surabaya, NU Online Jatim

Tahun ajaran baru 2021 rencananya dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. Pemerintah memutuskan akan melaksanakan sekolah tatap muka meski kondisi Pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Dinas Pendidikan Jawa Timur menargetkan vaksinasi untuk guru selesai pada bulan Juni ini.

 

“Vaksinasi tahap pertama untuk guru sudah mencapai 70 persen. Tahap kedua sudah 40-50 persen. Targetnya rampung Juni, agar saat proses kegiatan belajar tatap muka serentak seluruh guru SMA, SMK, SLB telah divaksin," kata H Wahid Wahyudi Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Jum’at (28/05/2021).

 

Menurut Wahid, proses vaksinasi untuk guru akan menjadi prioritas pemerintah. Sebelumnya, vaksinasi untuk guru berjalan lambat karena kuota vaksin yang terbatas. Setelah semua guru mendapat prioritas vaksin, mantan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur ini meminta Satgas Covid-19 juga segera memvaksin para siswa.

 

"Tentu yang menjadi prioritas pertama guru, tenaga di sekolah. Baru setelah itu siswa yang kami usulkan. termasuk orang tua siswa yang berusia lansia," imbuhnya.

 

Lebih lanjut Wahid menjelaskan, meski kegiatan sekolah tatap muka secara serentak dilaksanakan Juli, tetap akan melihat zonasi Covid-19 di masing-masing daerah.

 

"Tinggal melihat perkembangan zona. Kalau ada zona merah stop. Karena rekomendasi juga diturunkan oleh Satgas Covid-19 kabupaten/kota. Bahkan, kalau wali murid tidak mengizinkan anaknya tatap muka, juga kami persilahkan," terangnya.

 

Bagaimana dengan kesiapan sekolah menjelang tatap muka serentak? Wahid menyebut 100 persen seluruh SMA, SMK, dan SLB di Jatim telah siap secara sarana pra sarana. Di masing-masing sekolah juga menyanggupi untuk membentuk Satgas Covid-19 yang berisi para siswa-siswi.

 

Adanya Satgas Covid-19 untuk mengawasi siswa-siswi di sekolah khususnya dalam penerapan protokol kesehatan dan menjaga agar tidak berkerumun. “Dengan menerapkan itu insya Allah tidak akan muncul klaster pendidikan di Jatim,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru