• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Pendidikan

Teliti Efektivitas Pembelajaran, Mahasiswa Unisma Lolos Pendanaan PKM 2021

Teliti Efektivitas Pembelajaran, Mahasiswa Unisma Lolos Pendanaan PKM 2021
Tim PKM pembelajaran Flipped Classroom berbasis Cognitive Load Theory (CLT). (Foto: NOJ/humas)
Tim PKM pembelajaran Flipped Classroom berbasis Cognitive Load Theory (CLT). (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang (Unisma) kembali meraih prestasi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021. Dengan mengusung pembelajaran Flipped Classroom berbasis Cognitive Load Theory (CLT), tim yang terdiri dari Vigati Ayuningtyas, Afiyatul Ummah, dan Adik Indarti Sofiana berhasil didanai oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 

Di bawah bimbingan Fadhila Kartika Sari, tim ini melakukan studi awal dengan mewawancarai dosen dan menyebarkan angket kepada mahasiswa. Vigati menjelaskan berdasarkan hasil observasinya, timnya menemukan fakta bahwa hasil belajar mahasiswa pada materi turunan masih rendah.

 

“Berdasarkan referensi yang kami baca, pembelajaran Flipped Classroom berbasis CLT berpotensi meningkatkan pemahaman mahasiswa karena model pembelajaran ini. Termasuk active learning yang melibatkan mahasiswa terlibat aktif selama proses pembelajaran, sehingga kami berharap hasil belajar mahasiswa pada materi turunan menjadi lebih baik,” kata Vigati sebagai ketua tim, Rabu (07/07/2021).

 

Menurut Vigati, pengujian keefektivan suatu model pembelajaran penting untuk dilakukan.

 

“Harapan kami setelah melakukan penelitian ini yaitu dapat membantu mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada materi turunan melalui penerapan pembelajaran Flipped Classroom berbasis CLT. Untuk ke depannya, tim kami berharap hasil penelitian kami juga dapat dimanfaatkan oleh guru atau dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru