• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

UIN Malang Gelar Temu Alumni Akbar Pererat Ajang Tali Silaturahim

UIN Malang Gelar Temu Alumni Akbar Pererat Ajang Tali Silaturahim
Temu alumni akbar UIN Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Temu alumni akbar UIN Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar Temu Alumni Akbar dan sebanyak 586 alumni dari berbagai generasi mulai dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Universitas Islam Indonesia-Sudan (UIIS).


Temu alumni akbar bertajuk 'Sinergi Alumni Menuju Kampus Unggul Bereputasi Internasional' dipusatkan di Aula Rektorat UIN Malang, Sabtu (26/11/2022).


Ketua Pelaksana, Prof  Dr H Asnawi mengatakan, momentum yang terselenggara ini untuk mempererat tali silaturahim dan memperluas jangkauan relasi antar keluarga besar alumni UIN Malang dari berbagai angkatan. Temu alumni IAIN/STAIN/UIN ini dalam rangka rangkaian Dies Natalis ke-61.


“Temu alumni kali ini yang paling banyak dihadiri sepanjang sejarah temu alumni yang ada di UIN Malang ataupun perguruan tinggi keagamaan di Indonesia," katanya.


Ketua Program Studi (Kaprodi) Doktor (S3) Ekonomi Syariah UIN Malang tersebut juga menyampaikan bahwa, seluruh alumni yang ada siap berkontribusi dalam personal branding UIN Malang melalui relasi.


"Para alumni ini memiliki branding kuat untuk kemajuan kampus. Alumni sebagai sumber informasi serta kontribusi materi atau immateri," terangnya.


Sementara itu, Ketua alumni, Prof Dr H Kasuwi Saiban mengatakan, UIN Malang kini telah mengalami kemajuan pesat. Hal ini juga patut untuk di apresiasi dan syukuri, para alumni harus tetap menjalin sinergi agar berkontribusi dalam memajukan kampus dengan cita-cita sebagai kampus unggul bereputasi internasional.


“Sebagai alumni harus memberikan support untuk kampus tercinta ini," ujar Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang tersebut.


Senada, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr H M Zainnuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap tamu undangan yang hadir. "Tentu bapak ibu pangling dengan kampus ini, kalau dahulu tahun 80-an masih melihat kampus ini tidak seperti sekarang. Tentunya kami juga memohon do'a dan dukungan kepada alumni untuk terus berkontribusi membangun kampus," jelasnya.


Dalam temu alumni Akbar tersebut juga dilaksanakan pemutaran video perkembangan UIN Malang tempo dulu hingga saat ini. Video itu menceritakan tentang berkembangnya UIN Malang pada berbagai aspek, mulai dari prestasi akademik maupun non akademik di tingkat Nasional dan Internasional yang telah diraih.


Sebagai informasi, temu alumni ini juga dihadiri beberapa alumni yang menjadi tokoh sentral diantaranya yakni Rais Syuriyah PCNU Kota Malang KH Chamzawi, Putra Pendiri NU KH Chilmi Nachrowi Thohir lulusan tahun 1980, Guru Besar UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember Prof. Dr. KH. Moh. Khusnuridlo, Rektor IAIN Kediri Dr. Wahidul Anam, dan lain sebagainya.


Pendidikan Terbaru