• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pendidikan

UIN Malang Kukuhkan Guru Besar Termuda Bidang Ilmu Manajemenn SDM

UIN Malang Kukuhkan Guru Besar Termuda Bidang Ilmu Manajemenn SDM
Pengukuhan Prof Dr H Siswanto sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dari Fakultas Ekonomi oleh Rektor UIN Malang, Prof Dr M Zainuddin. (NOJ/ Humas)
Pengukuhan Prof Dr H Siswanto sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dari Fakultas Ekonomi oleh Rektor UIN Malang, Prof Dr M Zainuddin. (NOJ/ Humas)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menambah satu guru besar bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dari Fakultas Ekonomi, yakni H Siswanto. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Rektor UIN Malang, Prof M Zainuddin di Aula Rektorat UIN Maliki Malang lantai 5, Kamis (24/11/2022).


H Siswanto merupakan Guru Besar termuda dan tercepat yang dimiliki Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang. Pria kelahiran Jombang, 6 September 1975 ini merupakan peraih gelar Guru Besar ke-40 yang dikukuhkan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.


"Atas nama Rektor dan segenap pimpinan, saya mengucapkan syukur alhamdulillah, sekaligus bangga dan senang atas diperolehnya gelar guru besar oleh H Siswanto. Dengan harapan semoga jabatan guru besar ini menambah semangat bekerja, berkarya dan mengabdi di UIN Maliki," kata Rektor UIN Maliki Malang, Prof M Zainuddin.


Ia menyampaikan, dengan bertambahnya guru besar ini juga menambah grade dan reputasi lembaga. Selain itu, seorang guru besar juga harus menjaga kualitas dan komitmen sebagai akademisi yang memiliki jabatan puncak fungsional di perguruan tinggi.


"Meski guru besar ini jabatan puncak, namun tuntutan untuk tetap berkarya dan meneliti tidak boleh berhenti. Tugas pokok dan fungsi masih melekat, sepanjang kita masih berstatus sebagai dosen, yaitu tri dharma perguruan tinggi. Saatnya guru besar itu memproduksi, menjadi produsen, produsen ilmu pengetahuan dan produsen kepribadian, tetap kreatif dan inovatif," terangnya.


Sementara Dekan FE UIN Maliki Malang, Misbahul Munir menyampaikan, bahwa H Siswanto merupakan guru besar termuda dan tercepat di Fakultas Ekonomi.


"Jadi, SK guru besarnya turun di usia sebelum genap 47 tahun dan dalam masa kerjanya 16 tahun," tuturnya.


Selain itu, ia menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini merupakan tahun yang istimewa bagi H Siswanto karena memperoleh tambahan dua gelar bersamaan dan tidak disengaja, yaitu haji akbar dan guru akbar.


Dalam kesempatan itu, H Siswanto membawakan orasi ilmiahnya tentang ‘Mewujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia Berkualitas dengan Meningkatkan Motivasi Young Muslim Entrepreneurs’.


"Salah satu indikator terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas adalah peningkatan indikator Global Entrepreneurship Index yang menunjukkan kemampuan berwirausaha penduduk suatu negara," ucap H Siswanto.


Pendidikan Terbaru