• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 April 2024

Pendidikan

Unesa Promosi Keunggulan Kampus pada 836 Santri Tebuireng

Unesa Promosi Keunggulan Kampus pada 836 Santri Tebuireng
Unesa promosi keunggulan kampus pada 836 santri Ponpes Tebuireng. (Foto: NOJ/humas)
Unesa promosi keunggulan kampus pada 836 santri Ponpes Tebuireng. (Foto: NOJ/humas)

Jombang, NU Online Jatim

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) turut mempromosikan kampus dengan sejumlah keunggulannya di hadapan 836 santri-santriwati dalam Sosialisasi dan Expo Campus yang digelar oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Yayasan Hasyim Asy'ari, Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Sabtu-Ahad, (21-22/01/2023).


KH Kusnadi, Direktur Bidang Pendidikan dan Yayasan Hasyim Asy'ari Pesantren Tebuireng ​​​​​​​mengatakan, ini penting dilakukan sebagai gambaran dan motivasi bagi para santri untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Animo para santri untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi terus meningkat.


“Hal ini dibuktikan dengan angka lulusannya yang masuk perguruan tinggi terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan 100 persen lulusan SMA Trensains pada tahun lalu melanjutkan kuliah di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta,” katanya.


Sosialisasi ini diisi oleh UPT Humas Unesa dan Ikatan Mahasiswa Unesa asal Jombang (IMJ). Selain sosialisasi, Unesa juga memeriahkan pameran kampus di halaman pesantren yang juga dihadiri sejumlah kampus besar lainnya.


Sementara Vinda Maya Setianingrum, Kepala UPT Humas Unesa pada kesempatan itu menyampaikan berbagai program studi yang ada di Unesa termasuk ketatnya atau tingkat persaingannya.


"Kami di Unesa memiliki sejumlah keunggulan di antaranya seni, olahraga dan disabilitas. Lewat tujuh fakultas dan satu program vokasi yang ada terus melahirkan terobosan dan inovasi. Puluhan Prodi kami juga mengantongi akreditasi Internasional," jelasnya.


Seperti diketahui, lanjutnya, jalur penerimaan mahasiswa baru tahun ini memiliki sedikit perbedaan dengan tahun lalu. Pertama, ada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Kedua, jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Ketiga, jalur mandiri atau SPMB.


“Pada jalur mandiri, Unesa membuka beberapa jenis jalur seperti jalur prestasi keagamaan, Pesantren, MTQ dan tahfidz,” ungkapnya.


Jalur-jalur ini sangat berpeluang besar diikuti lulusan pesantren. Ini semangat Unesa dalam mengakomodasi ​​​​​​​santri dan santriwati terbaik untuk bisa tumbuh dan berkembang bersama Unesa. Dia berpesan kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan diri dari sekarang termasuk menentukan jalur mana yang ditempuh, prodi apa yang mau dipilih dan sebagainya.


"Saya percaya lulusan Pesantren​​​​​​​ Tebuireng memiliki sejumlah keunggulan. Persiapkan diri mulai sekarang dan semoga kita bisa bertemu di rumah para juara (Unesa, red)," tutupnya.


Diketahui, yang hadir dalam acara ini ada sekitar 800an santri yang berasal dari unit-unit lembaga pendidikan yang ada di yayasan, di antaranya SMA Abdul Wahid Hasyim, SMA Trensains, SMK Khoiriyah, MA Salafiyah Syafiiyah, dan MA Mu'alimin.


Pendidikan Terbaru