• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Pendidikan

Upaya KSM Tematik Unisma Dukung Tertib Administrasi Pertanahan di Malang

Upaya KSM Tematik Unisma Dukung Tertib Administrasi Pertanahan di Malang
Sosialisasi administrasi pertanahan. (Foto: NOJ/humas)
Sosialisasi administrasi pertanahan. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Universitas Islam Malang (Unisma) melaksanakan program kerja di Dusun Tenggulunan, Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Salah satu program kerja yang dilakukan di desa tersebut adalah sosialisasi penyuluhan ilmu hukum tentang pertanahan, Ahad (29/08/2021). Kegiatan ini dilakukan di Aula Balai Desa Mendalanwangi pada pukul 09.00 WIB. Dalam kegiatan ini KSM Tematik Unisma mengundang M Sharoni Kepala Desa Mendalanwangi, Ahmad Syaifudin Pemateri Sosialisasi Penyuluhan Hukum Pertanahan dan Dosen di Fakultas Hukum Unisma.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat Desa Mendalanwangi khususnya para pengurus dan anggota PKK RT mengenai pertanahan baik dari jenis hak milik, dasar hukum, proses pendaftaran, sekaligus penyelsaian sengketa pertanahan agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang paham hukum.

 

“Sosialisasi ini penting mengingat masih banyaknya permasalahan yang menimbulkan sengketa tanah karena kurangnya pemahaman masyarakat Desa Mendalanwang,” ungkap M Sharoni.

 

Dalam pemaparannya, Ahmad Syaifudin menjelaskan tentang hal-hal penting tentang hukum pertanahan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari kepada masyarakat Desa Mendalanwangi.  Selain tanggapan positif dari Kepala Desa Mendalanwangi, para peserta pun aktif dalam bertanya kepada pemateri mengenai hal-hal tentang pertanahan sebagai bentuk respon positif mereka terhadap sosialisasi yang diselenggarakan.

 

“Tidak perlu segan untuk bertanya kepada mahasiswa KSM Tematik Unisma tentang hal-hal yang berhubungan dengan hukum karena merupakan bagian dari mahasiwa Fakultas Hukum. Dalam penyuluhan tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan hand sanitizer,” terangnya.


Pendidikan Terbaru