• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 9 Mei 2024

Metropolis

Ansor dan Banser di Gresik Pastikan Prosesi Idul Adha Lancar

Ansor dan Banser di Gresik Pastikan Prosesi Idul Adha Lancar
Kiprah Banser membantu panitia Idul Adha agar berjalan lancar. (Foto: NOJ/Syafik H)
Kiprah Banser membantu panitia Idul Adha agar berjalan lancar. (Foto: NOJ/Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim
Kaum Muslimin di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha secara merata. Meskipun sedang dilanda pandemi, namun rangkaian shalat id dan penyembelihan hewan kurban juga dilangsungkan secara meriah.

 

Pemandangan serupa dapat disaksikan di Kecamatan Dukun, Gresik. Sejumlah takmir masjid dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) terlihat antusias menyambut hari raya ini. 

 

Shalat Idul Adha di masjid Salafiyah Pesantren Al-Karimi Desa Tebuwung Dukun dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Jamaah dan panitia memakai masker saat menggelar shalat Idul Adha. 

 

Khatib Ustadz Abdullah Lubab mengajak jamaah meneladani sosok Nabi Ibrahim dengan kepatuhannya dan mencontoh kesabaran Nabi Ismail. 

 

"Karena pada intinya, Idul Adha adalah pengorbanan dan kesabaran,” katanya, Jumat (31/7). Dan saat pandemi Covid-19, kesabaran dan pengorbanan tersebut benar-benar diuji, lanjutnya. 

 

Sedangkan Banser Desa Lowayu dengan penuh semangat membantu mengamankan proses penyembelihan hewan kurban. Mereka tampak sigap mengawal pendaftaran, menempatkan hewan kurban, hingga membagikan daging kepada yang berhak menerima. 

 

Wakil GP Ansor Ranting Lowayu, Anang mengatakan bahwa apa yang dilakukan sebagai ikhtiar dalam berkhidmat kepada NU dan mayarakat.

 

"Semua kami dedikasikan untuk umat dan NU,” tegasnya. 

 

Dikatakan Anang, meskipun kepengurusan Ansor Lowayu baru saja dilantik, semangat serta ghirah yang ditunjukkan tidak akan kalah dengan kepengurusan lama. Apalagi kegiatan ini manfaatnya dirasakan masyarakat.

 

Harapanya, Ansor dan Banser selalu menjadi garda terdepan dalam mengawal beragam kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan sosial dan keummatan.

 

“Hal ini demi kebersamaan atau sinergi agar hidup semakin bermakna,” pungkasnya.
 


Editor:

Metropolis Terbaru