Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Berikut Sejumlah Hal yang Membatalkan Wudlu

Berikut Sejumlah Hal yang Membatalkan Wudlu
Perhatikan sejumlah hal yang membatalkan wudlu. (Foto: NOJ/SMa)
Perhatikan sejumlah hal yang membatalkan wudlu. (Foto: NOJ/SMa)

Wudlu adalah pintu utama bagi sebagian besar ibadah dalam Islam. Karena itu, kaum muslimin hendaknya memahami apa saja yang dapat membatalkan wudlu tersebut. Hal ini penting agar seluruh ibadah yang memang mensyaratkan memiliki wudlu, dapat terlaksana sesuai ketentuan.

 

Dalam kitab matan al-Ghayatu wat Taqrib karangan Abi Suja diterangkan bahwa perkara yang dapat membatalkan wudlu ada enam:

 

Artikel diambil dari: Beberapa Hal yang Membatalkan Wudhu

 

Pertama: Sesuatu yang keluar dari kedua jalan (kemaluan depan maupun belakang),

 

Kedua: Tidur tidak dalam keadaan duduk,

 

Ketiga: Hilangnya akal sebab mabuk atau sakit,

 

Keempat: Bersentuhan (kulit) laki-laki dan perempuan yang bukan mahram tanpa penghalang,

 

Kelima: Menyentuh kemaluan manusia dengan telapak tangan,

 

Keenam: Menyentuh lubang dubur manusia.

 

Dalam keterangannya atas enam hal tersebut Ibnu Qasim al-Ghazi dalam Fathul Qaribul Mujib menerangkan dengan rinci enam hal tersebut.

 

Pertama: Keluarnya sesuatu yang dari kedua jalan kemaluan depan (qubul) maupun belakang (dubur), baik itu sesuatu yang suci seperti cacing dan mani ataupun yang tidak suci seperti darah dan kentut.

 

Hal ini berdasar pada surat al-Maidah ayat 6:

 

 أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ  

 

Artinya: Atau kembali dari tempat buang air (kakus)

Dan sebuah hadits yang diceritakan oleh Abu Hurairah dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim;

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لايقبل الله صلاة أحدكم إذا أحدث حتى يتوضأ فقال رجل من أهل حضر موت ماالحدث ياأباهريرة؟ قال: فساء أو ضراط

 

Artinya: Abu Hurairah bercerita bahwa Rasulullah SAW bersabda: Allah tidak menerima shalat kamu sekalian apabila (kamu) dalam keadaan hadats hingga kamu berwudlu. Kemudian seorang Hadramaut bertanya kepada Abu Hurairah: Apakah hadats itu? Abu Hurairah menjawab: Kentut (yang tidak bersuara) dan kentut yang bersuara.    

 

Kedua: Tidur

Tidur dapat membatalkan wudlu kecuali tidur dalam posisi duduk yang menetap (pantat yang rapat) seperti duduknya orang bersila.

 

Sebagai dalilnya dapat diperhatikan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan diceritakan oleh sahabat Ali:

 

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : وكاء السه العينان, فمن نام فاليتوضأ

 

Artinya: Rasulullah SAW bersabda: Pengendali dubur (tempat keluarnya kotoran dari jalan belakang) adalah kedua mata, oleh karena itu barang siapa tidur hendaklah ia berwudlu.

 

Hadits ini menunjukkan bahwa tidur pada dasarnya membatalkan wudlu, karena seseorang ketika tidur tidak dapat menjaga duburnya, bahkan ia tidak tahu apakah dia telah kentut atau malah kencing.

 

Diqiyaskan dengan tidak adanya kendali ketika tidur adalah hilangnya akal atau kesadaran. Ini juga dapat membatalkan wudlu, karena ketika seseorang tidak sadar, berarti ia tidak tahu apa yang terjadi dengan dirinya. Baik kesadaran itu hilang karena mabuk, pingsan maupun gila.

 

 

Keempat: Bersentuhan (kulit) laki-laki dan perempuan yang bukan mahram tanpa penghalang

 

Kelima:  Menyentuh kemaluan manusia dengan telapak tangan

 

Hal ini didasarkan atas dalil sebagai berikut:

 

 رَوَى اْلخَمْسَةُ وَصَحَّحَهُ التِّرْمِذِىْ ، عَنْ بِسْرَةْ بِنْتِ صَفْوَانْ رَضِيَ الله عَنْها : اَنّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : مَنْ مَسَّ ذَكَرَهُ فَلَا يُصَلِّيَ حَتَّى يَتَوَضَّاءَ .

Artinya: Dalam sebuah hadits yang dishahihkan oleh Imam Tirmidzi dari Bisrah binti Shafwan RA bahwa Nabi SAW bersabda: Barangsiapa yang memegang dzakarnya janganlah melakukan shalat hingga ia berwudlu.

 

An-Nisa’i meriwayatkan bahwa:

 

 وَيَتَوَضَّاءَ مِنْ مَسِّ الذَّكَرِ

 

Artinya: Dan hendaklah berwudlu oleh karena memegang dzakar kemaluan.

 

Hadits tersebut di atas mengandung makna bahwa menyentuh kemaluan adalah membatalkan wudlu. Baik itu kemaluannya sendiri, maupun kemaluan orang lain.

 

Juga dalam hadits riwayat dari Ibnu Majah bahwasanya:

 

 عَنْ اُمِّ حَبِيْبَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : مَنْ مَسَّ فَرْجَهُ فَلْيَتَوَضَّاءُ

 

Artinya: Dari Ummi Habibah RA: Barangsiapa yang memegang farj-nya maka hendaklah berwudlu.

 

Sedangkan hadits ini memberikan penjelasan atas batalnya wudlu sebab menyentuh kemaluan baik kemaluan laki-laki maupun perempuan.

 

Enam: Menyentuh lubang dubur

 

Hal ini adalah berdasarkan pendapat Imam Syafii yang terbaru.

 

F1 Promosi Iklan