Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Iringi Vaksinasi, YPM Sepanjang Sidoarjo Gelar Doa Sebulan Penuh

Iringi Vaksinasi, YPM Sepanjang Sidoarjo Gelar Doa Sebulan Penuh
Upaya batin dilakukan keluarga besar YPM Sepanjang, Sidoarjo mengiringi vaksinasi. (Foto: NOJ/M Hajir)
Upaya batin dilakukan keluarga besar YPM Sepanjang, Sidoarjo mengiringi vaksinasi. (Foto: NOJ/M Hajir)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19  berlangsung satu tahun. Berbagai upaya telah dilakukan agar tidak semakin memakan korban dan virus Corona segera berakhir. Harapan mulai tumbuh dengan ditemukannya vaksin.

 

Untuk mengiringi  upaya pemerintah, Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif (YPM) Sepanjang, Sidoarjo melakukan upaya batin. Yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan ‘30 Hari Berdoa untuk Negeri’ yang dimulai Senin (18/01/2021).

 

“Kegiatan rutin yang akan kami lakukan adalah khataman al-Qur’an setiap pukul 10.00 WIB dan pembacaan ratibul haddaad pukul 18.30 WIB,” kata H Ahmad Makki. Menurutnya, apa yang dilakukan sebagai bentuk laku spiritual mengiringi usaha pemerintah dengan vaksinasi dan gerakan 3M, lanjut Ketua YPM tersebut.

 

Putra pendiri YPM, KH Hasyim Latief tersebut mengemukakan bahwa kegiatan diikuti seluruh keluarga besar secara virtual dan juga ditayangkan secara langsung di Youtube.  “Kita tayangkan live di Youtube untuk menampung  peserta yang tidak terakomodir di aplikasi zoom,” jelasnya.

 

Dan bagi masyarakat bisa mengikuti dengan memasukkan meeting id zoom 3308344034, pascode adalah 12345 atau di chanel Youtube Official YPM setiap pukul 10.00 WIB untuk acara khamil Qur’an. Sedangkan pukul 18.30 WIB untuk pembacaan ratibul haddad.

 

Di kesempatan yang sama, Abdul Haq Ahmad menjelaskan bahwa ratibul haddad yang disusun Abdullah bin ‘Alawi bin Muhammad al-Haddad pada 1071 hijriah memiliki faedah begitu besar.

 

“Yang mengistikamahkan mengamalkan ratibul haddad akan diselamatkan dari kejahatan lahir dan batin serta diangkat derajatnya,” kata salah seorang putra almaghfurlah KH Sholeh Qosim yang juga sebagai Satgas Covid-19 YPM.

 

YPM sendiri menaungi 27 lembaga pendidikan dari playgrup hingga perguruan tinggi. 

 

 Penulis: Muhammad Hajir

Iklan promosi NU Online Jatim