Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Manfaat Koin NU, LAZISNU Ranting di Sidoarjo Salurkan Puluhan Beasiswa

Manfaat Koin NU, LAZISNU Ranting di Sidoarjo Salurkan Puluhan Beasiswa
Penyerahan beasiswa kepada sebelas siswa. (Foto: NOJ/LY)
Penyerahan beasiswa kepada sebelas siswa. (Foto: NOJ/LY)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Sejumlah penyaluran beasiswa melalui program pendidikan terhadap anak yatim dan anak yang berasal dari keluarga kurang mampu telah dilakukan Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Ranting Plumbungan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo selama masa pademi Covid-19.

 

Untuk kesekian kalinya, UPZISNU Ranting Plumbungan menyalurkan santunan beasiswa kepada 11 siswa. Program ini merupakan pemanfaatan dari dana yang dihimpun melalui kaleng Koin NU Peduli. Penyerahan santunan dipusatkan di halaman Masjid Baitul Hamdi, Desa Plumbungan, Selasa (23/02/2021).

 

“Pagi ini kami telah menyalurkan santunan beasiswa total sebesar Rp 5.100.000. Santunan tersebut kita serahkan kepada 12 siswa tingkat SD, MI dan SMP. Sumber dananya berasal dari hasil perolehan kaleng Koin NU Peduli,” kata Ketua UPZISNU Ranting Plumbungan, Ahmad Fakhrurrozi kepada NU Online Jatim.

 

Bendahara Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sukodono ini mengungkapkan, bahwa UPZISNU Ranting Plumbungan hingga saat ini telah menyebarkan sekitar 750 kaleng di kawasan tersebut.

 

“Rata-rata perolehan kaleng NU Peduli di ranting kami Rp 7,2 juta per bulan. Banyak program yang telah kami gulirkan dari hasil kaleng koin NU Peduli ini,” ungkapnya.

 

Dijelaskannya, program yang telah digulirkan diantaranya santunan beasiswa, santunan dluafa, pengobatan dasar gratis bagi dluafa. Kemudian layanan ambulans gratis bagi warga Desa Plumbungan dan santunan duka berupa sejumlah air mineral bagi keluarga yang sedang berduka cita.

 

“Baru-baru ini kami juga telah menggulirkan program bantuan bedah rumah anggota Banser Desa Plumbungan yang rumahnya sudah tidak layak huni. Dananya juga berasal dari hasil kaleng Koin NU Peduli ditambah donasi dari para donatur,” tegas Rozi, sapaan akrabnya.

 

Rozi menegaskan, dalam acara ini UPZISNU Ranting Plumbungan juga bersinergi dengan program Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Sidoarjo yang menyalurkan bantuan ratusan sembako bagi warga Desa Plumbungan yang terdampak Covid-19.

 

“Kami juga bersinergi program bersama PC Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo yang memberikan layanan pemerikasaan kesehatan gratis. Serta dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang menyalurkan bantuan sejumlah uang tunai, masker dan vitamin,” terangnya.

 

Lebih jauh, dirinya berharap ke depan UPZISNU Plumbungan menyasar lebih banyak lagi penerima program pendidikan melalui beasiswa.

 

“Kami berharap, ke depan penerima program pendidikan melalui beasiswa lebih banyak lagi dan NU Care-Lebaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (LAZISNU) semakin bermanfaat untuk warga serta lingkungan kita,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Wahyu Saputra, salah seorang siswa penerima beasiswa mengucapkan terima kasih kepada UPZISNU Ranting Plumbungan atas bantuan yang diberikan kepadanya.

 

“Terima kasih banyak kepada UPZISNU Plumbungan atas bantuan beasiswa ini,  sehingga bisa meringankan beban orangtua kami untuk biaya sekolah, buku, LKS, tas, buku, seragam, dan lain-lain,” ucap siswa kelas 9 SMPN 2 Sukodono ini.

 

Editor : Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim