• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Tapal Kuda

‘Gelas Kopi’, Produk Olahan Kopi Milik Kader IPNU di Pasuruan

‘Gelas Kopi’, Produk Olahan Kopi Milik Kader IPNU di Pasuruan
‘Gelas Kopi’, Produk Olahan Kopi Milik Kader IPNU di Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
‘Gelas Kopi’, Produk Olahan Kopi Milik Kader IPNU di Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Saiful Arifin merupakan salah satu owner ‘Gelas Kopi’, yakni sebuah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi olahan kopi lokal Pasuruan. Lokasinya berada di Dusun Rojogunting Desa Kalirejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.

 

Usaha ini didirikan sejak 18 Juni 2017 bersama sejumlah temannya. Pendiriannya tersebut berawal dari keinginan besar untuk mengangkat citra kopi lokal serta sebagai bentuk pemanfaatan terhadap jumlah kopi di Kabupaten Pasuruan yang melimpah.

 

"Berawal dari kesukaan mencicipi kopi di berbagai daerah, kemudian saya dan rekan saya berinisiatif untuk berbisnis kopi asli dari Pasuruan. Selain itu, saya rasa kopi sangat digandrungi dan dapat dinikmati oleh banyak kalangan,” ucap Saiful, Ahad (21/11/2021).

 

Lelaki yang diamanahi Wakil Bendahara Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pasuruan itu mengungkapkan, bahwa modal utama usahanya merupakan hasil pinjaman bahan baku kopi dari salah satu Ketua Kelompok Tani Kopi di daerah Purwosari.

 

"Dan, alhamdulillah saat ini produksi sudah menggunakan mesin milik pribadi," imbuh mahasiswa Institut Teknologi Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan itu.

 

Ia mengaku, bahwa pengerjaan untuk memproduksi brand ‘Gelas Kopi’ tersebut masih ditangani sendiri. Namun, untuk proses distribusi atau penjualan ia mempekerjakan beberapa karyawan.

 

Saiful mengatakan, bahwa sebagai seorang pembisnis, tentu ada suka dan duka. Salah satunya adalah saat masa pandemi yang dampaknya sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

 

"Sempat beberapa waktu, kami dihadapkan oleh situasi di mana kopi tidak terjual habis dalam jangka waktu seharusnya. Kami pun harus memutar otak, meski hal demikian dalam dunia usaha adalah hal yang wajar. Ia pun tidak surut dengan cobaan itu,” imbuhnya.

 

Berkat usahanya yang tidak pernah putus asa, kini produk ‘Gelas Kopi’ tersedia dalam berbagai varian rasa dan bermacam proses pengolahan. Di antaranya proses Natural, Honey, Wine, Anaerob, Full Wash, dan Semi Wash.

 

"Sebagai generasi muda, sudah menjadi tugas kita untuk senantiasa berkarya dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Semoga yang kami lakukan bermanfaat untuk semuanya," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru