• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 22 Februari 2024

Tapal Kuda

5 Tips Rahasia Awet Muda Ala Kiai Mukhlisin Kraksaan

5 Tips Rahasia Awet Muda Ala Kiai Mukhlisin Kraksaan
KH Mukhlisin Sa’ad, Pengasuh Pesantren Al Mashduqiyah Kraksaan. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
KH Mukhlisin Sa’ad, Pengasuh Pesantren Al Mashduqiyah Kraksaan. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pengasuh Pondok Pesantren Al Mashduqiyah Patokan Kraksaan, KH Mukhlisin Sa’ad menyampaikan sejumlah tips rahasia awet muda dan memiliki kekuatan fisik seperti anak muda meski sudah menginjak usia 61 tahun.


Tips tersebut disampaikan kepada para santri saat memberikan mauidhah hasanah pada Senin (10/10/2022). Disebutkan, tips rahasia awet muda tersebut ada lima macam. Pertama, aktif melakukan senam Lien Tien Kung.


“Senam ini merupakan salah satu gerakan terapi olah tubuh yang dilakukan dengan tempo pelan. Tetapi mampu membangkitkan energi untuk mengaktifkan kembali organ-organ tubuh dan penyempurnaan untuk menjadikan tubuh lebih segar, sehat, dan kuat,” ujarnya.


Ia menjelaskan, Lien Tien Kung berasal dari kata Ling (nol), Tien (titik), dan Kung (ilmu). Artinya, Lien Tien Kung dapat dimaknai sebagai ilmu titik awal, dimana tubuh manusia punya sumber energi yang tidak pernah padam.


“Senam Lien Tien Kung ini biasanya dilakukan pagi hari sekira pukul 06.00 WIB hingga selesai bersama para guru di halaman masjid pesantren,” tuturnya.


Kedua, ialah menjaga pola makan yang sehat. Menurutnya, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan halal adalah salah satu kunci hidup sehat dan awet muda. Ketiga, selalu berusaha mempunyai pola pikir yang baik. Sifat optimis dan selalu berpikir positif sangat bermanfaat dalam menyusun pola pikir baik bagi kehidupan seseorang.


“Keempat, adalah selalu menyempatkan shalat berjamaah dan pola istirahat yang teratur,” terang Kiai Mukhlisin.


Disebutkan, shalat berjamaah selalu dilakukan sebisa mungkin oleh Kiai Mukhlisin dimana pun ia berada. Biasanya, ia melakukan shalat berjamaah bersama bunyai, keluarga, para santri, atau bahkan dengan sopirnya ketika ia sedang di luar pesantren.


"Tips yang terakhir ialah carilah pasangan yang lebih muda. Sebab jika umur sudah tua, maka masih ada istri muda yang bisa melayani kita dengan maksimal," kata Kiai Mukhlisin dengan gelak tawa yang khas.


Tapal Kuda Terbaru