• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Tapal Kuda

Akhir Ramadhan, Ikatan Alumni Annuqayah di Jember Santuni Dhuafa

Akhir Ramadhan, Ikatan Alumni Annuqayah di Jember Santuni Dhuafa
Pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa oleh Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Cabang Jember. (Foto: NOJ/ Aryudi A Razaq)
Pemberian santunan kepada anak yatim dan dhuafa oleh Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Cabang Jember. (Foto: NOJ/ Aryudi A Razaq)

Jember, NU Online Jatim
Ikatan Alumni Annuqayah (IAA) Cabang Jember memungkasi kegiatan sosial Ramadhan 1443 Hijriyah dengan membagikan santunan bagi puluhan anak yatim dan dhuafa. Kegiatan tersebut dipusatkan di Café Kanca Kona Kopi, Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates, Jember, Sabtu (30/04/2022).


Ketua Pelaksana Harian IAA Cabang Jember, Ahmad Badrus Solihin mengatakan, anak yatim dan dhuafa memang menjadi sasaran berbagi kebahagiaan tersebut, meski diyakini masih banyak elemen lain yang juga sangat membutuhkan santunan. Sebab kondisi ekonomi saat ini masih belum pulih akibat hantaman Covid-19.


“Ini sebagai wujud nyata sumbangsih alumni Pondok Pesantren Annuqayah Sumenep bagi masyarakat yang lemah dan sangat membutuhkan,” ujarnya saat sambutan.


Secara ekonomi, anak yatim dan dhuafa merupakan elemen yang cukup tidak berdaya di tengah-tengah masyarakat lantaran sudah kehilangan pilar ekonominya. Kendati begitu, ia berharap anak yatim dan dhuafa tetap semangat dalam menatap masa depan.


Sebab menurut Badrus, masa depan bukan monopoli milik orang kaya, tapi milik siapapun yang rajin berdoa dan berusaha untuk maju.


“Kami berharap anak-anak ini tidak minder dengan statusnya. Kenyataannya banyak anak yatim yang menjadi tokoh, pejabat, bahkan nabi sendiri (Nabi Muhammad SAW) adalah anak yatim,” ungkapnya.


Dalam kesempatan itu, anak yatim juga diberikan kuiz. Bagi yang bisa menjawab kuiz akan diberikan hadiah. Hal ini tidak lain sebagai cara untuk menghiburnya. Sebab, hidup tidak selalu ramah buat anak yatim dan duafa, bahkan saat-saat tertentu kesedihan masih saja menghunjam hatinya.


“Kami ingin memberikan sedikit kebahagiaan kepada mereka,” jelasnya.


Acara kemudian dipungkasi dengan santunan bagi anak yatim dan dhuafa berupa uang sebesar Rp250 ribu per orang. Santunan tersebut dibagikan langsung oleh tokoh IAA Cabang Jember  yang juga Ketua DPRD Jember, M Itqon Syauqi.


Penulis: Aryudi A Razaq


Editor:

Tapal Kuda Terbaru