• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Tapal Kuda

Forum Komunikasi Santri Jember Gelar Pengajian dan Festival Qur'ani

Forum Komunikasi Santri Jember Gelar Pengajian dan Festival Qur'ani
KH Moh Zuhri Zaini hadiri pengajian yang digelar Forum Komunikasi Santri (FKS) Jember. (Foto: NOJ/REp)
KH Moh Zuhri Zaini hadiri pengajian yang digelar Forum Komunikasi Santri (FKS) Jember. (Foto: NOJ/REp)

 Jember, NU Online Jatim

Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan, Forum Komunikasi Santri (FKS) Jember menggelar pengajian umum dan festival qurani. Kegiatan dipusatkan di Dusun Siraan, Desa Tisnogambar, Kecamatan Bangsalsari Jember, Rabu (27/04/2022).


Rangkaian acara sebenarnya dimulai sejak Selasa (26/05/2022l), yakni pelaksanaan Musabaqah Tartilul Quran (MTQ). Lomba ini diikuti perwakilan Taman Pembinaan Al-Qur’an (TPQ) di seluruh wilayah Bangsalsari. Sedangkan pengajian umum dilaksanakan Rabu (27/04/2022) dengan menghadirkan KH Moh Zuhri Zaini selaku Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo dan KH Tsabit Abdul Hadi, Pengasuh Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum, Jember.


KH Moh Zuhri Zaini yang juga Pembina FKS Jember menyampaikan dalam tausiahnya, bahwa keberadaan forum ini sebenarnya bukan hanya wadah bagi santri Nurul Jadid. 


“Tapi, berhubung semua pesantren memiliki wadah masing-masing untuk berjuang dan berdakwah di masyarakat, akhirnya FKS ini diisi oleh santri Nurul Jadid. Tapi sebenarnya tidak seperti itu,” ucap Kiai Zuhri di hadapan jamaah. 


Sedangkan Tibyani Masholih selaku perwakilan tuan rumah menyampaikan terima kasih karena dipilih menjadi tuan rumah. 


“Kami dipilih menjadi tuan rumah sudah sangat senang hati. Semoga dengan adanya kerja sama dari FKS Jember dapat meningkatkan pendidikan dan keagamaan di Desa Tisnogambar ini,” katanya. 


Abdullah Yaqin selaku Ketua FKS Jember mengungkapkan bahwa kegiatan pengajian umum adalah acara rutin tahunan para santri ketika liburan Ramadhan. 


“Pengajian umum sebenarnya kegiatan rutin tahunan setiap liburan santri yang diadakan oleh FKS Jember dan bekerja sama dengan tuan rumah yang berkenan ditempati kegiatan,” katanya.


Pengajian umum dihadiri warga desa sekitar, santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo yang berdomisili di Jember, serta Pembantu Pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid (P4NJ).


Editor:

Tapal Kuda Terbaru