• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Belajar Mandiri, Pelajar NU di Pasuruan Berjualan Menu Berbuka

Belajar Mandiri, Pelajar NU di Pasuruan Berjualan Menu Berbuka
Kader PAC IPNU-IPPNU Pasrepan saat menjual menu berbuka puasa. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Kader PAC IPNU-IPPNU Pasrepan saat menjual menu berbuka puasa. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim
Kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pasrepan Kabupaten Pasuruan tidak ingin kehilangan momentum di Bulan Ramadhan untuk belajar mewujudkan kemandirian. Yakni dengan berjualan aneka menu berbuka puasa atau takjil.
 

Para kader IPNU-IPPNU Pasrepan ini berjualan setiap hari dari pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB di depan Kantor Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Adapun menu yang dijual yaitu bakar.
 

"Kami memilih es kuwut untuk dijual ini sebab di Pasuruan sendiri belum ada yang menjualnya," kata Lailatun Nuzulah, Ketua PAC IPPNU Pasrepan, Jum'at (08/04/2022).
 

Ia mengaku telah banyak melakukan percobaan hingga pada akhirnya menyepakati menu berbuka puasa yang dijual pada tahun ini.
 

Nuzul menjelaskan, proses produksi es kuwut dilakukan secara mandiri oleh kader IPNU-IPPNU Pasrepan dengan pendampingan dari para senior dan pembina di kantin Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU).
 

"Sedangkan untuk pentol dan scallob bakarnya kami mengambil dari pengurus PAC IPNU-IPPNU Pasrepan yang memang berjualan makanan itu lebih awal," imbuhnya.
 

Nuzul mengungkapkan, tujuan utama dari berwirausaha ini adalah menciptakan kemandirian organisasi serta mempererat hubungan dan melatih kekompakan antar pengurus. 
 

Pasalnya, hal ini merupakan aktualisasi program kerja dari Lembaga Ekonomi, Kewirausahaan, dan Koperasi PAC IPNU-IPPNU Pasrepan.
 

"Berjualan ini juga merupakan dakwah kami untuk mengenalkan IPNU-IPPNU di wilayah Pasrepan. Selain itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon kader IPNU-IPPNU," katanya.
 

Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pembina dan tim ‘Kober iku larang’ yang telah mendukung penuh usaha tersebut.
 

"Jadi, es kuwut ini bukan hanya ada dijual oleh PAC IPNU IPPNU Pasrepan, tapi juga PAC IPNU-IPPNU Gondang Wetan dan Winongan. Semoga dengan begini kami dapat mewujudkan kemandirian perekonomian organisasi dan mempererat ikatan silaturahim internal maupun eksternal," pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru