• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Tapal Kuda

Beredar Video Santri Pingsan Usai Divaksin, Ini Penjelasan Pesantren

Beredar Video Santri Pingsan Usai Divaksin, Ini Penjelasan Pesantren
Surat edaran dari YPP Madinatul Ulum Jenggawah, Jember. (Foto: Istimewa).
Surat edaran dari YPP Madinatul Ulum Jenggawah, Jember. (Foto: Istimewa).

Jember, NU Online Jatim

Sebuah potongan video yang menggambarkan sejumlah santri terbaring dengan menggunakan masker beredar luas di berbagai media sosial. Dalam video itu, disebutkan puluhan santri demam dan pingsan usai divaksin Covid-19. Bahkan terlihat sejumlah petugas termasuk seseorang yang mengenakan baju polisi memeriksa para santri.

 

Video ini kemudian dikaitkan dengan Yayasan Pondok Pesantren (YPP) Madinatul Ulum Jenggawah, Jember. Mengetahui hal itu, YPP Madinatul Ulum Jenggawah, Jember memberikan klarifikasi melalui surat edaran.

 

Dalam surat edaran yang dikeluarkan YPP Madinatul Ulum Jenggawah, Jember pada Ahad (10/01/2021) sebagaimana yang diterima NU Online Jatim ada lima poin.

 

Berikut isi surat edaran dari YPP Madinatul Ulum Jenggawah Jember tersebut:

 

  1. Vaksinasi pada video tersebut merupakan vaksinasi difteri yang dilakukan Puskesmas Jenggawah tiga tahun lalu pada 28 Februari 2018 silam.
     
  2. Tidak benar jika video tersebut dihubungkan dengan vaksinasi Covid-19 yang marak akhir-akhir ini.
     
  3. Alhamdulillah kondisi terkini seluruh santri YPP Madinatul Ulum dalam keadaan sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa.
     
  4. Seluruh kegiatan dan aktivitas yang berlangsung di lingkungan YPP Madinatul Ulum dilakukan dengan mengikuti protokol Covid-19.
     
  5. Oleh karena itu dimohon untuk tidak memancing ketakutan dan kegaduhan dengan kembali menyebarluaskan video tersebut.

 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru