• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Tapal Kuda

Bupati Lumajang: Mahasiswa Harus Tekun Belajar dan Kembangkan Potensi Diri

Bupati Lumajang: Mahasiswa Harus Tekun Belajar dan Kembangkan Potensi Diri
Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq atau Cak Thoriq. (Foto: NOJ/ISt)
Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq atau Cak Thoriq. (Foto: NOJ/ISt)

Jember, NU Online Jatim

Banyak yang salah dalam memandang masa depan. Aapalagi pelajar dan mahasiswa, lebih menekankan kepada kelak akan jadi apa. Padahal yang lebih penting adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan belajar dan memastikan potensi diri berkembang dengan baik.

 

Pesan ini disampaikan H Thoriqul Haq saat mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, H Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) di Institut Agama Islam al-Falah Assunniyyah (Inaifas), Kencong, Jember, Sabtu (26/06/2021).

 

Dalam pandangan Thoriqul Haq yang juga Bupati Lumajang tersebut, para mahasiswa hendaknya tidak perlu repot dan pusing memikirkan kelak menjadi apa.

 

“Yang penting, tekun belajar dan fokus pada pengembangan potensi diri,” kata pria yang akrab disapa Cak Thoriq itu.

 

Laki-laki kelahiran Kunir, Lumajang tersebut mencontohkan perjalanan hidupnya. Mondok di Denanyar Jombang, lantas melanjutkan ke Malang, kemudian kuliah di Surabaya. Tidak berhenti sampai di situ, juga menempuh studi pascasarjana di Malaysia, dan kemudian masuk dunia politik hingga terpilih menjadi bupati Lumajang.

 

“Saat menjadi anggota DPRD Jatim, saya diminta oleh Gus Halim duduk di Komisi C. Tugasnya di bidang keuangan dan perbankan, perpajakan, dan kas daerah,” kenangnya.

 

Dirinya jujur bahwa saat diberikan amanah itu sedikit pusing karena memang tidak  memiliki latar belakang pendidikan yang memadai terkait hal tersebut.

 

“Saya pusing, tentu saja, karena tidak pernah belajar soal ini sebelumnya. Tapi saya akhirnya memperbanyak membaca buku tentang topik ini, juga berdikusi dengan orang yang lebih paham,” katanya kepada peserta program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di Inaifas dikemas melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset (PKM-BR)..

 

Ditegaskan Cak Thoriq, dari kemauan untuk terus menunjukkan tanggung jawab tersebut akhirnya berbuah manis. Hal tersebut ditunjukkannya dengan mengawal tugas sebagai wakil rakyat dengan baik.

 

“Akhirnya saya bisa. Artinya, dalam menghadapi hal-hal baru, harus fokus. Nanti pasti bisa,” tegasnya.

 

Setelah menghadiri acara ini, Gus Halim atau Gus Menteri dan Cak Thoriq berkunjung ke kediaman Pengasuh Pesantren Assunniyyah, KH A Sadid Jauhari dan KH Ghonim Jauhari. Tampak mendampingi Ketua PCNU Kencong, H Zainil Ghulam, dan Ketua PC GP Ansor Jember, Ayub Junaidi.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru