• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Tapal Kuda

Cara Unik LAZISNU di Jember Santuni Yatim dan Dhuafa

Cara Unik LAZISNU di Jember Santuni Yatim dan Dhuafa
LAZISNU Ranting Semboro saat door to door kepada yatim dan dhuafa. (Foto: NOJ/Habib Aziz Ar Rozi)
LAZISNU Ranting Semboro saat door to door kepada yatim dan dhuafa. (Foto: NOJ/Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Desa Semboro menggelar bakti sosial NU Peduli dengan memberikan santunan berupa paket sembako kepada anak yatim dan dhuafa se-Wilayah Desa Semboro, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember, Ahad (21/08/2022).

Uniknya, kegiatan yang biasanya berlangsung seremonial, namun LAZISNU Ranting Semboro memberikan santunan langsung dari rumah ke rumah, atau door to door. Hal itu dimaksudkan agar lebih mendekatkan LAZISNU kepada masyarakat.

“Santunan door to door ini merupakan transparansi LAZISNU dalam pengelolaan keuangan, dan juga upaya lebih mengenalkan LAZISNU di tengah masyarakat,” kata Sudarmaji, Ketua Ranting LAZISNU Desa Semboro.

Menurutnya, santunan untuk anak yatim yang dilakukan LAZISNU diharapkan bisa membantu pemenuhan kebutuhan anak yatim dan dhuafa, sekaligus sebagai upaya agar LAZISNU tetap menjadi wadah yang dipercayai masyarakat dalam menyisihkan rezekinya.

“LAZISNU terus berupaya menjadi lembaga yang akuntabel, kredibilitas, dan transparan. Sehingga, tetap dipercaya masyarakat,” ujar Sudarmaji.

Sementara itu, Bendahara LAZISNU Ranting Semboro Ali Rahman menuturkan, total dana yang terkumpul dalam kegiatan NU Peduli kurang lebih Rp 5 juta. Dana tersebut diberikan kepada sepuluh yatim dan sepuluh dhuafa berupa paket sembako dan uang.

“Alhamdulilah amanah dari para donatur telah tersalurkan, dan akan kami buatkan laporan keuangan secara terperinci, agar para donatur tau penggunaan dananya,” ujarnya.

Ali menambahkan, LAZISNU akan senantiasa bertekad memaksimalkan kerja lembaga dan menjaga kepercayaan masyarakat dalam menyisihkan sebagaian hartanya.

“Masyarakat tidak perlu takut menyisihkan hartanya di LAZISNU, karena setiap kegiatan akan kami laporkan pengunaan dananya. Dan dipastikan dananya tidak akan disalahgunakan,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru