• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Tapal Kuda

Dosen Universitas Islam Jember Raih Juara 1 MTQ Jember 

Dosen Universitas Islam Jember Raih Juara 1 MTQ Jember 
Miftakhul Jannah saat lomba khath Al-Qur'an. (Foto: NOJ/Aryudi AR)
Miftakhul Jannah saat lomba khath Al-Qur'an. (Foto: NOJ/Aryudi AR)

Jember, NU Online Jatim

Universitas Islam Jember (UIJ) tak pernah kering dari prestasi.  Tidak hanya mahasiswanya yang  kerap kali unggul di berbagai kejuaraan antar kampus, tapi dosennya juga  berprestasi. 

 

Adalah Miftakhul Jannah, sosok yang  memahat prestasi dalam ajang MTQ Kabupaten Jember Cabang Khath Al-Qur’an Golongan Dekorasi. Dalam lomba yang digelar tanggal 7-8  Agustus 2021 itu, Mifta, sapaan akrabnya, meraih juara satu. Ia berhak mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

 

“Alhamdulillah masih bisa berbuat sesuatu di masa pandemi,” ujarnya.
 

Perempuan yang dikenal sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIJ tersebut memang cukup lihai  dalam membuat kaligrafi. Baginya, meraih juara satu di level kabupaten sudah langganan. Bahkan kepiawaiannya menulis kaligrafi menembus level regional dan nasional.

 

Di antara prestasi yang telah direngkuhnya adalah juara satu MTQ  Kabupaten Jember secara berturut turut  tahun 2006, 2009, 2012, 2014, dan 2016.  Dalam ajang  Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) tahun 2007, ia menggapai juara satu, dan mewakili Jember ke ajang tingkat regional di Gresik,  berhasil meraih juara satu. Dari situ, Mifta mewakili Jawa Timur di ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) di Samarinda, dan berhasil merengkuh juara dua.

 

“Ini mungkin berkah para guru dan kiai. Saya belajar kaligrafi  saat mondok di Pesantren Darussholah, Jember,” tambahnya.

 

Mifta mengungkapkan keinginannya untuk menularkan keterampilannya dalam khat al-Qur’an kepada generasi muda agar kedepan seni kaligrafi terus bersinar, tak tenggelam oleh waktu dan globalisasi kebudayaan

 

Penulis: Aryudi A Razaq

Editor: Syaifullah
 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru