• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Tapal Kuda

NU Jember Buka Layanan Telemedicine Covid-19, Begini Caranya

NU Jember Buka Layanan Telemedicine Covid-19, Begini Caranya
Flyer Layanan Telemedicine Covid-19 PCNU Jember. (Foto: NOJ/Ist).
Flyer Layanan Telemedicine Covid-19 PCNU Jember. (Foto: NOJ/Ist).

Jember, NU Online Jatim

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Jember membuka layanan telemedicine Covid-19.

 

Telemedicine ini merupakan layanan konsultasi jarak jauh melalui perpesanan bagi masyarakat. Baik yang mengalami gejala ringan dan menengah Covid-19, ataupun yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

 

Ketua LKNU Jember, dr Irma Prasetyowati menjelaskan, bahwa upaya ini dilakukan karena semakin meningkatnya kasus Covid-19, sedang tenaga kesehatan (nakes) tidak memadai bahkan banyak yang tumbang.

 

“Tugas nakes yang berat tersebut perlu kiranya membantu. Alhamdulillah, sejumlah dokter di lingkungan NU berinisiatif untuk meluangkan waktunya dan memberikan layanan  konsultasi kesehatan kepada masyarakat," jelas kepada NU Online Jatim, Senin, (02/07/2021).

 

Menurutnya, masyarakat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang komprehensif agar mereka bisa mendapatkan edukasi dan layanan kesehatan yang maksimal.

 

"Dengan adanya layanan konsultasi kesehatan gratis ini masyarakat bisa mendapatkan saran, konseling dan juga bimbingan kesehatan yang baik dan benar. Sehingga mereka cepat tertangani dan segera pulih," imbuhnya.

 

Adapun tata cara konsultasi telemedicine yaitu, layanan ini hanya berlaku via chat dan tidak menerima telepon atau video call (kecuali atas persetujuan dari tenaga kesehatan yang bertugas), pasien memperkenalkan diri sesuai identitas asli KTP, tulis isi pesan secara singkat, tepat, dan jelas terkait keluhan yang dirasakan.

 

Selanjutnya, gunakan bahasa dan ejaan yang mudah dimengerti, sabar menunggu bila petugas belum membalas pesan, menjaga etika dan saling menghargai dalam berkomunikasi.

 

“Petugas tidak menerima kunjungan rumah atau tatap muka. Dan apabila disarankan untuk dirujuk, selanjutnya silakan berkoordinasi dengan petugas lapangan untuk segera dibawa ke unit kesehatan,” jelasnya.

 

 

Layanan dibuka selama dua jam, sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Berikut ini jadwal petugas layanan telemedicine:

  1. Senin, dr Ulfa Elfiah (081259209011)
  2. Selasa, dr Ida Srisurani Wiji Astuti (081259209011)
  3. Rabu, Muhammad Muslehuddin (081259209012)
  4. Kamis, dr Ayu Munawaroh (081259209012)
  5. Jumat, dr Alifil Proklamadya (081259209013)
  6. Sabtu, dr Arif Prianggara (081259209013)
  7. Ahad, dr Cicih Komariah (081259209011)

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru