• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Matraman

LKNU Nganjuk Buka Layanan Konsultasi Daring dan Vitamin Gratis untuk Pasien Isoman

LKNU Nganjuk Buka Layanan Konsultasi Daring dan Vitamin Gratis untuk Pasien Isoman
E-pamflet layanan konsultasi gratis LKNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Kang Fandi)
E-pamflet layanan konsultasi gratis LKNU Nganjuk. (Foto: NOJ/ Kang Fandi)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Nganjuk memiliki cara unik untuk membantu pasien terpapar Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Layanan konsultasi medis secara daring atau virtual dan pemberian vitamin untuk pasien isoman menjadi pilihan terobosan LKNU Nganjuk.

 

Layanan konsultasi telemedicine ini juga dalam rangka membantu masyarakat mendapatkan informasi yang tidak menyesatkan terkait medis. Sebab, selama ini masih banyak beredar informasi tentang medis yang meresahkan masyarakat.

 

“Jadi kita fokus membantu mengatasi keluhan medis selama masa isoman dan membantu meluruskan info, info hoaks yang beredar,” kata Ketua PC LKNU Nganjuk, dr Moch Jazil Ainul Yaqin, Senin (19/07/2021).

 

Adapun layanan dari LKNU Nganjuk ini sudah diluncurkan sejak hari Sabtu (17/07/2021) lalu. Hingga saat ini sudah ada ratusan orang menghubungi layanan tersebut. Setidaknya ada 20 sampai 40 orang yang memanfaatkan layanan virtual ini dalam setiap harinya.

 

dr Jazil mengatakan,  keluhan dari pasien yang berkonsultasi bermacam-macam. Di antaranya anosmia (kehilangan fungsi penciuman), batuk, pilek, demam, sesak nafas dan pusing. Bahkan, ada yang khawatir secara berlebihan.

 

Pasien yang berkonsultasi ke layanan telemedicine gratis ini biasanya sudah mempunyai hasil swab test antigen masing-masing.

 

“Bisa jadi orang tersebut (isoman) kebingungan. Karena saking banyaknya informasi, dan tidak tahu mau nanya ke siapa,” lanjutnya.

 

Tim layanan telemedicane gratis ini bisa memberikan balasan cepat, apabila sesuai jadwal. Jika di luar jadwal, dr Jazil menyebut, lebih lambat membalas.Ini karena semua jajaranya memiliki tanggungjawab lain.

 

Selain layanan telemedicine, pihaknya juga menyediakan paket vitamin gratis untuk sejumlah pasien isoman yang berkonsultasi. “(Gratis) bagi yang sudah konsultasi, dan berdasarkan indikasi dokter memang butuh, dan pasien bersedia,” ungkap dr Jazil.

 

Tim layanan ini terdiri dari tiga orang. Pertama, dr Mamluatul Karimah, dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Kertosono. Ia juga menangani pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. dr Mamluatul membuka layanan ini setiap hari Ahad.

 

Kedua, dr Moch Jazil Ainul Yaqin selaku Dokter di IGD RSUD Kertosono dan RS Ibu Anak Alf Subtin Nganjuk. dr Jazil melayani setiap hari Senin dan Rabu. Ketiga, dr Patminingsih selaku dokter klinik rawat inap di Kediri. dr Patmi melayani layanan setiap Selasa dan Kamis.

 

Bagi yang hendak berkonsultasi, pasien bisa menghubungi nomor 081217383996 (dr Mamluatul Karimah), 085706424981 (dr Jazil Ainul Yaqin), dan 085736737411 (dr Patminingsih).

 

 

dr Jazil berharap pandemi Covid-19 ini bisa segera terkendali. Kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk, ia juga berharap tetap disiplin menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) 5 M. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas.

 

Penulis: Kang Fandi

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru