• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Tapal Kuda

Gapai Masa Depan Gemilang di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember

Gapai Masa Depan Gemilang di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember buka pendaftaran calon mahasiswa baru. (Foto: NOJ/ ISt)
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember buka pendaftaran calon mahasiswa baru. (Foto: NOJ/ ISt)

Jember, NU Online Jatim

Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember kembali membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru. Di tahun ini, UIN KHAS Jember menawarkan kurang lebih 38 program studi untuk jenjang Sarjana (S1). Empat program studi di antaranya termasuk dalam Fakultas Syariah.

 

Keempat program studi di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut, yaitu Hukum Keluarga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN).

 

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Wildani Hefni menyampaikan, Fakultas Syariah UIN KHAS Jember membuka peluang sebesar-besarnya bagi para siswa yang ingin berkuliah dan menggapai mimpi-mimpinya di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

 

“Fakultas Syariah UIN KHAS Jember sangat layak dipilih sebagai destinasi untuk mewujudkan mimpi masa depan yang gemilang,” ujarnya dalam keterangan tertulis diterima NU Online Jatim, Senin (12/02/2024).

 

Sedikitnya ada lima alasan mengapa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menjadi pilihan terbaik calon mahasiswa. Di antaranya, meliputi fasilitas penunjang yang memadai, tenaga pengajar yang kompeten, hingga program studi yang terakreditasi Unggul dan Baik.

 

Fasilitas dan Penunjang

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memiliki fasilitas dan penunjang yang berkualitas dan ditopang oleh atmosfer akademik yang mendukung. Fasilitas dan penunjang tersebut memungkinkan para mahasiswa untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya, serta untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non-akademik.

 

Berikut beberapa fasilitas dan penunjang yang dimiliki oleh Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, antara lain Laboratorium Peradilan Semu, Laboratorium Mahkamah Konstitusi, Laboratorium Falak, Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum, Career Development Center, Perpustakaan dan Ruang Baca, Pusat Studi Hukum, Pancasila, dan Konstitusi (PUSHPASI), serta Pusat Studi Anti Korupsi dan Hukum Pidana Islam (PUSKAPIS).

 

Selain itu, ada pula Pusat Studi Hukum Keluarga, Gender dan Anak (PUSHAGA), Pusat Studi Hukum Ekonomi Syariah Kontemporer (PUSKAHES), Pusat Kajian Ushul Fiqh dan Maqashid al-Sharia (PKUM), Komunitas Pecinta Astronomi Islam (KOMPAS), Komunitas Peradilan Semu (KOMPRES), Media Center, Law Research and Debate Community (LRDC), Academic Culture Assembly (ACA), Hai’ah Tahfidh Al-Quran (HTQ), Majma’ Buhuts al-Kutub (MBK).

 

Tenaga Pengajar yang Kompeten

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memiliki tenaga pengajar yang kompeten, profesional, alumni dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang menjadikan Fakultas Syariah sebagai community of learning, kental dengan suasana tradisi akademik yang menggugah.

 

Tenaga pengajar di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember akan memberikan pengalaman belajar yang inspiratif dengan memadukan keilmuan Fakultas Syariah yang terdiri dari body of knowledge, yaitu syariah, hukum dan masyarakat.

 

“Tenaga pengajar di Fakultas Syariah juga akan membimbing untuk berpikir kritis, logis, dan sistematis, dengan mengembangkan wawasan keilmuan syariah dan wawasan keilmuan hukum yang luas dan komprehensif,” terangnya.

 

Program Studi A/Unggul dan Baik

Salah satu alasan penting untuk melanjutkan bangku kuliah di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember adalah akreditasi program studi. Berikut akreditasi program studi di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember:

 

1. Hukum Keluarga (HK): A/Unggul
2. Hukum Ekonomi Syariah (HES): B
3. Hukum Pidana Islam (HPI): B
4. Hukum Tata Negara (HTN): B

 

Peluang Pekerjaan yang Banyak

Keilmuan yang diperoleh dari Fakultas Syariah UIN KHAS Jember cukup beragam dan tersebar di empat program studi. Sehingga sangat memungkinkan alumninya untuk dapat bekerja di instansi-instansi tertentu dengan profesi tertentu.

 

Di antaranya, menjadi Praktisi Hukum, Hakim, Panitera, Jaksa, Advokat, Penghulu, Penyuluh, Konsultan Hukum, Mediator Hukum Keluarga, Penelit, Kriminolog, Panitera, Konsultan Hukum, Mediator, Arbiter, Sharia Contract Drafter, Pendamping PPH, Penyelia Halal, Pengawas Lembaga Keuangan Syariah, Legal Drafter, Legal Officer, dan Analis Kebijakan Publik.

 

Peluang Beasiswa

Tentu ini merupakan kabar baik bagi calon mahasiswa. Melanjutkan kuliah di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember juga akan mendapatkan peluang beasiswa yang cukup banyak. Sayangnya, banyak calon mahasiswa yang belum mengetahui tentang hal ini. 

 

Ada banyak tawaran beasiswa untuk mahasiswa UIN KHAS Jember, termasuk juga mahasiswa Fakultas Syariah, diantaranya beasiswa  Kuliah Indonesia Pintar (KIP),  beasiswa Genbi dari Bank Indonesia, beasiswa Cendekia dari Baznas, beasiswa dari Pemkab Jember, dan Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama-LPDP, dan peluang beasiswa lainnya.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran, calon mahasiswa dapat mengunjungi situs web resmi UIN KHAS Jember dan web penerimaan mahasiswa baru pada link https://pmb.uinkhas.ac.id/.


Tapal Kuda Terbaru