• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Tapal Kuda

Gus Salam Sampaikan Tiga Kunci Berorganisasi

Gus Salam Sampaikan Tiga Kunci Berorganisasi
Gus Salam saat mengisi Muskercab PCNU Kota Probolinggo di Aula Hotel Nadia, Sukapura, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)
Gus Salam saat mengisi Muskercab PCNU Kota Probolinggo di Aula Hotel Nadia, Sukapura, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim
Dalam sebuah berorganisasi ada beberapa hal yang penting yaitu kebersamaan, kekompakan, dan ketaatan. Itu semuanya sejatinya sudah dicontohkan oleh para muassis NU. Hal tersebut diungkapkan oleh KH Abdussalam Shohib, Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim saat menghadiri acara Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut digelar di Aula Hotel Nadia, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jum'at (26/11/2021).

"Tiga hal itu harus kita aplikasikan dalam menjalankan berorganisasi," ujarnya.


Menurut padangan Pengasuh Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar Jombang tersebut, maka sebanyak apapun jamaah yang kita miliki, akan tetapi kalau tidak ada kekompakan dan kebersamaan akan jauh dari tujuan yang hendak dicapai.

"Maka akan sulit kita mencapai cita-cita bersama yang diinginkan," ucapnya.

Dimana di dalam teori Abdul Malik Qulbul yang mengatakan tidak ada kekuatan yang disegani atau signifikan tanpa ada pemimpin yang benar atau tidak ada pimpinan yang ditaati bahkan hormati.

"Karena kita tahu bagaimana para muassis dahulu mengalami perbedaan pendapat. Akan tetapi ketika sudah menjadi keputusan organisasi, maka semua akan taat kepada keputusan itu," ungkapnya.

Karena itu yang harus ditanamkan ketika menjadi bagian dari NU adalah ketaatan.

"Nah itulah hakikat berjamaah yaitu ketaatan dalam berorganisasi dan itu saya sering sampaikan dimana-mana," pungkasnya..


Tapal Kuda Terbaru