• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 April 2024

Tapal Kuda

Iffa Dzakiyyah, Santri Pasuruan Juara Baca Kitab Se-Jatim

Iffa Dzakiyyah, Santri Pasuruan Juara Baca Kitab Se-Jatim
Iffah Dzakiyyah (dua dari kiri) usai menjuarai lomba baca kitab kuning. (Foto: Istimewa)
Iffah Dzakiyyah (dua dari kiri) usai menjuarai lomba baca kitab kuning. (Foto: Istimewa)

Pasuruan, NU Online Jatim

Iffah Dzakiyyah, santri Salafiyah Kota Pasuruan berhasil meraih juara dalam lomba baca kitab kuning tingkat Provinsi Jawa Timur. Ifa menjadi juara 1 lomba baca kitab Fathul Qorib untuk kategori putri pada ajang yang digelar di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Jember.


Ifa mengatakan, motivasi mengikuti lomba baca kitab Fathul Qorib tingkat Jatim adalah karena gurunya.


“Bukan murni niat diri saya sendiri untuk mengikuti lomba. Karena ini perintah guru, terpaksa saya daftar dan alhamdulillah setelah diseleksi nama saya masuk nominasi. Sejak itu saya sadar bahwa mencari pengalaman itu penting,” katanya.


Menurutnya, nama baik pesantren yang melekat pada dirinya menjadi motivasi penting untuk dijaga dengan baik.


“Akhirnya saya belajar lebih giat lagi walaupun dituntut untuk tetap mengikuti kegiatan pesantren. Hal itu bukan menjadi halangan melainkan semangat untuk belajar ketika ada waktu kosong," ujarnya kepada NU Online Jatim, Senin (10/10/2022).


Baginya, kemenangan yang diraihnya juga berkat usaha dan doa yang selama ini dilakukan. "Jangan mengandalkan kemampuan, tetapi harus mengandalkan Allah karena sekeras apapun kita berusaha tapi Allah tidak berkehendak, tidak akan bisa menang," tandasnya.


Ifa berpesan, para santri meskipun pada saat belajar mengalami kesulitan mencari waktu atau membagi waktu karena banyaknya kesibukan, percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil.


"Man Jadda wa Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh sungguh pasti akan sukses," ujarnya.


Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Kota Pasuruan Nyai Hj Kuni Zakiyah sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang dicapai Ifa. Apalagi nilai yang diperoleh oleh Ifa sangat sempurna.


“Selamat anakku, semoga prestasi yang diraihnya dapat memotivasi santri yang lain agar semakin terpacu belajar membaca kitab kuning," ujarnya melalui akun media sosialnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru