• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Ikhtiar Kemandirian Ekonomi, LPNU Kota Pasuruan Gelar Pelatihan Gerai Kulakan

Ikhtiar Kemandirian Ekonomi, LPNU Kota Pasuruan Gelar Pelatihan Gerai Kulakan
Pelatihan dan Pengarahan Gerai Kulakan oleh LPNU Kota Pasuruan dan dihadiri oleh Ketua PCNU Kota Pasuruan, Gus Muhammad Nailurrochman. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida).
Pelatihan dan Pengarahan Gerai Kulakan oleh LPNU Kota Pasuruan dan dihadiri oleh Ketua PCNU Kota Pasuruan, Gus Muhammad Nailurrochman. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida).

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota Pasuruan menggelar pengarahan dan pelatihan Gerai Kulakan, Ahad (20/02/2022). Kegiatan yang dihadiri 43 calon pengelola gerai dari empat kecamatan ini dilaksanakan di Gudang Kulakan Center Kota Pasuruan.

 

Ahmad Fauzan, Ketua PC LPNU Kota Pasuruan menjelaskan, Gerai Kulakan merupakan sebuah program guna memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya warga NU melalui usaha sembako. Semua modal (bahan sembako) disediakan oleh pengurus LPNU Kota Pasuruan dan akan didistribusikan ke gerai-gerai warga esok harinya.

 

"Pesertanya warga Kota Pasuruan dan yang diprioritaskan ibu-ibu. Mulanya yang mendaftar itu ada 90 orang. Kemudian kita verifikasi tahap pertama, yang lolos ada 43 orang dan hari ini mengikuti bimbingan teknis," terang Fauzan.

 

Ia melanjutkan, sementara peserta yang lain akan melalui verifikasi tahap kedua serta dijadwalkan mendapat bimbingan teknis (Bimtek) sepekan ke depan. Verifikasi meliputi kepemilikan tempat untuk bakal gerai serta tidak adanya toko di dekat tempat tersebut yang menjual produk serupa.

 

Diakui Fauzan, pihaknya sendiri yang memberikan pendidikan mengenai teknis berjualan. Sementara pelatihan Ilmu Teknologi (IT) diampu dan dibina langsung oleh pihak LPNU Kabupaten Lamongan.

 

"Kan ini ada aplikasinya, namanya Kulakan. Nah ini kalau ada barang yang laku, dilaporkannya melalui aplikasi tersebut dan akan dievaluasi setiap bulan. Hari ini juga ada penandatanganan antara pengelola gerai dengan gerai center sebagai bentuk komitmen," tambahnya.

 

Program Kulakan, dikatakan Fauzan, mengusung tagar #samasamauntung #blonjoberkah. Sebab, pendapatan bersih dari penjualan akan dialokasikan 2,5 persen untuk zakat. Setelah itu, 40 persennya dialokasikan sebagai sedekah, 40 persen menjadi keuntungan pengelola, dan 20 persen lainnya menjadi deposit yang bisa diambil setahun sekali.

 

"Dua puluh persennya deposit dan nanti baru dapat diambil satu tahun sekali saat menjelang lebaran, diambil dalam bentuk barang. Jadi, selain mengusahakan kemandirian masyarakat, juga ada unsur sedekahnya," tandas Fauzan.

 

Dirinya berharap, para pengelola gerai selalu amanah, konsisten, serta dapat memanfaatkan program tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga, perekonomian masyarakat khususnya warga NU Kota Pasuruan bisa semakin meningkat.

  

"Saya berharap nanti bisa terwujud di tiap RW ada satu gerai. Masyarakat juga bisa memanfaatkan program ini dengan optimal," pungkas Fauzan.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru