• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Tapal Kuda

Diikuti 3000 Lebih Santri Madin, RMINU Lumajang Gelar Ujian Akhir

Diikuti 3000 Lebih Santri Madin, RMINU Lumajang Gelar Ujian Akhir
Salah satu Madrasah Diniyah di Lumajang saat mengikuti Ujian Akhir Bersama (UAB) yang diadakan RMINU. (Foto: Istimewa)
Salah satu Madrasah Diniyah di Lumajang saat mengikuti Ujian Akhir Bersama (UAB) yang diadakan RMINU. (Foto: Istimewa)

Lumajang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma'ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Kabupaten Lumajang menggelar Ujian Akhir Bersama (UAB) seluruh Madrasah Diniyyah (Madin) di bawah naungannya mulai Sabtu (19/02/2022) hingga Rabu (23/02/2022).

 

Ujian yang dilaksanakan di lembaga masing-masing ini tercatat diikuti 3934 santri dari 400 Madin. Hal ini menurut KH Dzunnajah, Ketua PC RMINU Lumajang merupakan peningkatan yang signifikan dari gelaran UAB biasanya.

 

"Dua bulan sebelumnya sudah kami persiapkan mulai dari sosialisasi, kisi-kisi, pengadaan soal dan lain sebagainya," ungkap pengasuh Pondok Pesantren Al Asna Barat Padang ini saat dikonfirmasi NU Online Jatim pada Ahad (20/02/2022).

 

Dirinya menuturkan, ada beberapa materi pelajaran yang diujikan pada UAB tahun ini, di antaranya Fikih, Aqidah, Akhlak, Tarikh termasuk di hari akhir ada ujian materi ke-NU-an.

 

"Hal itu sangatlah penting sebagai penguatan dan penegasan identitas kita sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama," tegas tokoh yang biasa disapa Gus Dzun ini.

 

Gus Dzun mengaku, RMINU dalam pelaksanaan UAB kali ini terus melakukan koordinasi dengan pihak Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementrian Agama (Kemenag).

 

"Yang nanti bersama-sama melakukan monev di beberapa kecamatan bersama dengan kita, hal ini dilakukan untuk bahan evaluasi dan kontrol dalam pelaksanaan UAB," imbuh Gus Dzun.

 

Menurut Gus Dzun, UAB tahun ini tidak mengalami kendala apapun, hanya saja saat pendistribusian soal dan kisi-kisi sempat terjadi kekurangan karena membludaknya peserta yang ikut.

  

"Tiga hari sebelum pelaksanaan sudah bisa diatasi, sehingga ketika hari-H bisa kebagian semua. Kami berharap RMINU terus meningkat kualitas pelayaanannya kepada seluruh Madin," pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru