• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Jelang Satu Abad NU, IPNU-IPPNU Lumajang Optimis Bentuk 100 Komisariat

Jelang Satu Abad NU, IPNU-IPPNU Lumajang Optimis Bentuk 100 Komisariat
Tim PC IPNU-IPPNU Lumajang saat konsolidasi untuk realisasikan 100 komisariat. Foto: Istimewa
Tim PC IPNU-IPPNU Lumajang saat konsolidasi untuk realisasikan 100 komisariat. Foto: Istimewa

Lumajang, NU Online Jatim

Menjelang satu abad NU bermacam kegiatan dan program terus digencarkan. Tak ketinggalan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Lumajang menargetkan 100 komisariat untuk menyambut usia satu abad NU.


Ketua PC IPNU Lumajang, Baharuddin Yusuf mengatakan, dirinya optimis mewujudkan hal itu meskipun saat ini masih terbentuk 26 komisariat. Ia merasa, dari masifnya pengkaderan dan berdirinya Pimpinan Anak Cabang (PAC) di seluruh kecamatan, maka 100 komisariat bisa diwujudkan dalam enam bulan ke depan.


"Pertama, kami akan menginventarisir sekolah dan pesantren mana saja yang bisa dibentuk komisariat untuk selanjutnya kita akan ada tim khusus yang mendampingi proses. Mulai dari pembentukan dan pengkaderan," jelasnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Selasa (09/08/2022).


Selain konsolidasi PAC, menurut Bahar, ia bersama tim akan lebih menguatkan kerja sama dengan pengurus NU. Baik di lembaga maupun Badan Otonom (Banom).


Ia menghitung, sudah banyak output dari Latihan Kader Muda (Lakmud) di Lumajang yang siap digerakkan untuk mengawal dan mengoptimalkan program tersebut.


"Dua hari kemarin kami juga sudah datang langsung ke Ketua Ansor Lumajang untuk kami minta kerja samanya, dan beliau siap. Selanjutnya akan memerintahkan kadernya yang masih usia IPNU untuk terlibat bersama kita," imbuhnya.


Ditambah lagi, ungkap Bahar, timnya sudah menyiapkan event besar berupa lomba yang dibuka untuk seluruh murid sekolah yang ada di Lumajang. Hal itu untuk mengenalkan IPNU-IPPNU kepada para pelajar agar lebih tertarik.


"Nama programnya adalag MSC (Mahameru Student Competition) yang juga bagian rangkaian kegiatan pra konferensi cabang (Konfercab) IPNU-IPPNU Lumajang dalam waktu dekat," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Satu Abad NU di Lumajang, Ikhwanul Muttaqin berharap seluruh lembaga pendidikan dibawah naungan Ma'arif NU Lumajang atau yang berafiliasi bisa mendukung program 100 komisariat ini.


"Saya berkeyakinan, melihat potensi sumber daya manusianya, 100 komisariat bukan hal yang sulit untuk direalisasikan," tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru